cara memperbaiki relay lampu mobil

Cara Memperbaiki Relay Lampu Mobil dan Keuntungannya

Banyak pengendara mungkin yang tidak terlalu awam dengan istilah relay lampu pada mobil. Apalagi dengan cara memperbaiki relay lampu mobil. Relay sendiri adalah salah satu komponen elektrik pada mobil. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik. Arus listrik yang dialirkan melalui saklar utama ke komponen listrik yang ada pada kendaraan.

Komponen yang biasanya menggunakan relay untuk mengalirkan listriknya seperti klakson dan lampu utama yang ada di bagian depan mobil. Ada pula komponen listrik dan elektronik lainnya pada mobil yang bisa menggunakan relay. Apa saja sih keuntungan menggunakan relay? Simak penjelasan di bawah ini:

Keuntungan Menggunakan Relay pada Lampu Mobil

Keuntungan utama yang bisa dirasakan pengendara saat menggunakan relay pada lampu mobil adalah saklar utama yang akan lebih terawat dan lebih awet. Karena arus listrik tidak akan dilewati arus listrik. Pasalnya, arus listrik akan dialihkan melewati relay yang sudah dipasang.

Keuntungan lain dalam menggunakan relay pada lampu mobil adalah cahaya lampu mobil yang dapat menjadi lebih terang. Hal ini dapat terjadi karena arus listrik yang mengalir lebih bertenaga besar. Karena arus listrik langsung mengalir ke lampu, tentu saja lampu yang lebih terang bisa menambah keamanan para pengendara. Terutama jika tengah berkendara pada malam hari yang gelap.

Cara Memperbaiki Relay pada Lampu Mobil

Cara memperbaiki relay lampu mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri oleh pengendara. Pengendara tidak perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel atau ke tukang reparasi. Agar dapat memperbaiki relay pada lampu mobil, simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Menyiapkan Alat Relay Mobil

Hal pertama yang harus pengendara pahami sebelum memasang relay pada mobil sendiri adalah memahami jenis-jenis relay yang digunakan pada lampu mobil. Pada dasarnya ada dua tipe relay yang tersedia di pasaran. Jenis pertama adalah set up relay, Relay jenis ini sudah memiliki rangkaian yang lengkap bahkan lebih sering sudah dilengkapi dengan sekring dan soket lampu. Kedua adalah model relay yang belum terangkai, model ini kebalikan dari relay jenis pertama.  Model ini belum terangkai dan komponenya dijual secara terpisah.

TRENDING:  Simak Cara Ganti Aki Mobil Mainan dengan Aki Motor

2. Menentukan Jenis Relay Mobil yang Tepat

Setelah mengetahui jenis dan model relay mobil yang ada langkah selanjutnya adalah menentukan jenis relay mobil yang tepat. Untuk memilih model relay yang tepat bisa disesuaikan dengan jenis arus listrik yang ada pada model. Pemilihan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan pengendara dalam memasang relay mobil.

Jika pengendara merasa tidak terlalu mahir dan sangat awam dengan cara memperbaiki relay lampu mobil. Jauh lebih baik jika memilih model relay set up karena komponennya sudah lengkap dan terpasang.

3. Menghubungkan Relay dengan Sekring

Langkah selanjutnya yang dilakukan dalam memperbaiki relay lampu mobil adalah memasang relay dengan sekring utama pada mobil. Pastikan dua komponen ini terhubung dengan rapat karena hal ini sangatlah penting. Setelah terhubung jangan lupa untuk mengecek sekali lagi kondisi kabel yang ada.

4. Sambungkan Relay dengan Ground Mobil

Setelah dihubungkan dengan sekring, selanjutnya relay juga harus dihubungkan pada ground mobil.  Bagian ini juga tidak kalah penting, karena ground mobil adalah kumpulan kabel yang memiliki fungsi menghubungkan kutub negatif aki ke bagian mobil tertentu.

5. Menghubungkan Relay dengan Saklar

Adapun yang terakhir relay harus dihubungkan dengan saklar, menghubungkan relay dengan saklar akan membuat nyala lampu mobil semakin terang. Jangan lupa untuk memastikan sekali lagi jika sambungan relay pada saklar dan komponen lainnya tidak ada masalah. Terutama pada kabel-kabel yang menghubungkan.

Itulah cara memperbaiki relay lampu mobil dan keuntungan penggunaannya. Ternyata memasang dan memperbaiki relay lampu mobil sendiri itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.