aplikasi untuk membuka file xlsx

Aplikasi untuk Membuka File Xlsx dengan Cepat dan Mudah

File dengan ekstensi XLSX merupakan file dari aplikasi Microsoft Excel yang sifatnya open source, sehingga bisa dibuka melalui aplikasi yang lain. Aplikasi untuk membuka file XLSX salah satunya adalah aplikasi buatan google seperti google sheets atau spradsheets, dan ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa membuka file XLSX dengan mudah serta gratis. Berikut ini daftarnya:

1. WPS Office

Aplikasi open office yang cukup populer selain Microsoft Office adalah WPS Office. Aplikasi tersebut sangat lengkap, mudah digunakan, serta gratis dan bisa dipakai di sistem operasi iOS, Android, Windows, Linux, MacOS. Tentunya aplikasi ini bisa dikatakan bersahabat dengan semua gadget, dan mudah dioperasikan.

WPS Office mempunyai fitur yang bernama WPS Spreadsheet, dan fitur tersebut bisa digunakan untuk membuka file dengan ekstensi XLSX. WPS juga memungkinkan pengguna untuk mengedit file tersebut. Tampilannya yang menyerupai Microsoft Excel membuat aplikasi ini menjadi user friendly.

2. Apache OpenOffice

Apache OpenOffice adalah aplikasi untuk membuka file XLSX yang sifatnya juga open source. Aplikasi ini bisa membuka berbagai jenis ekstensi file mulai dari gambar (draw), spreadsheets (calc), tulisan (writer), dan presentasi atau (impress).

Calc adalah aplikasi dari Apache yang bisa digunakan untuk membuka sekaligus mengedit file XLSX. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana serta mudah dioperasikan.

3. Google Sheets

Aplikasi besutan google berikut ini juga bisa digunakan membuka file dengan ekstensi XLSX secara gratis. Google Sheets bisa digunakan dengan cara menginstall aplikasi tersebut atau tanpa menginstall aplikasi.

Caranya upload file yang akan dibuka ke google drive, kemudian buka dengan menggunakan Google Sheets. Sangat praktis dan cocok untuk orang-orang yang selalu tersambung dengan internet.

TRENDING:  5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa Telkomsel, Dijamin Bisa!

Aplikasi Google Sheets berbeda dengan aplikasi lainnya, karena Google Sheets khusus untuk file dengan format XLSX. Aplikasi Google Sheets mempunyai kelebihan yaitu memungkinkan kolaborasi antar pengguna.

4. Google Chrome

Google Chrome juga bisa digunakan untuk membuka file dengan ekstensi XLSX. Caranya dengan menginstall ekstensi Office Editing for Docs, Sheets, & Slides pada Chrome. Download ekstensi tersebut, pasang di Google Chrome dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika proses install sudah selesai, Chrome sudah bisa digunakan untuk membuka file XLSX. Drag file tersebut pada Google Chrome dan file akan terbaca. Chrome juga bisa melakukan proses editing file secara online.

5. LibreOffice

Aplikasi LibreOffice hampir sama dengan aplikasi Apache OpenOffice. Beberapa orang menyebut mereka adalah ‘sepupu’, karena fitur-fitur yang terdapat didalamnya hampir sama. LibreOffice mempunyai enam komponen yang terdapat di dalamnya.

Keenam komponen tersebut antara lain writer yang mempunyai fungsi serupa dengan MS Word, Impress untuk presentasi, draw untuk vector graphic, serta Calc atau Spreadsheet yang berguna untuk membuka file XLSX. Tampilan dari aplikasi ini hampir serupa dengan Excel jadi lebih mudah untuk beradaptasi bagi penggunanya.

6. Polaris Office

Polaris Office merupakan aplikasi open office yang cukup lengkap, karena aplikasi ini bisa membuka file mulai dari word hingga pdf. Aplikasi tersebut bisa digunakan di PC atau di ponsel. Polaris Office bisa digunakan untuk membuka file XLSX dan mengedit file tersebut.

Aplikasi untuk membuka file XLSX tersedia dalam berbagai macam serta pilihan. Ada aplikasi yang hanya khusus untuk membuka file XLSX saja atau aplikasi yang merupakan paket komplit, sehingga bisa membuka file word sampai dengan pdf. Aplikasi yang khusus untuk file XLSX biasanya menawarkan fitur yang lebih komplit untuk mengedit atau membuat file terbaru.

TRENDING:  5 Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Terbaik 2021

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.