Kebijakan yang Perlu Diketahui Investor Dalam Dividen (www.maxmanroe.com)
Kebijakan yang Perlu Diketahui Investor Dalam Dividen (www.maxmanroe.com)

Kebijakan yang Perlu Diketahui Investor Dalam Dividen

Investor harus wajib tahu tentang dividen adalah. Karena disini saya akan menjelaskan pengertian dividen dan tentunya yang menyakut dividen, agar investor lebih jelas saat melakukan investasi.

Pengertian Dividen

Dividen adalah bagian laba perusahaan pada pemegang saham berdasarkan banyaknya jumlah saham dimilikinya. Halim mengatakan bahwa pembagian keuntungan divide kas diberikan pada pemegang saham perusahaan yang berkeuntungannya didapat oleh perusahaan sendiri.
Jika perusahaan memutuskan ingin membagi keuntungan dividen saham biasa agar bisa membayar dividen untuk pemegang saham preferen.

Menurut Widoatmodjo dividen adalah saham yang secara tunai setiap lembarnya. Sedangkan dividen saham merupakan dividen yang dibayar dalam bentuk saham, perhitungannya setiap lembar saham. Dividen tunai dan dividen kas merupakan dividen yang paling disukai para pemegang saham.

Kebijakan Dividen

Kebijakan dividen adalah perusahaan dibagi kepada pemegang saham dividen yang sahamnya ditahan dalam bentuk laba yang kegunaannya sebagai pembiayaan investasi. Bila perusahaan melakukan pemilihan menahan laba, maka perusahaan akan mengalami pembentukan dana internal.

Kebijakan diven adalah perusahaan yang berhubungan dengan membayar pendapat sebagai dividen dibandingkan berbagi keuntungan antara pembayaran suatu perusahaan. Kebijakan dividen bagian yang penting dari strategi perusahaan pembiayaan.

Teori Kebijakan Dividen

1.Dividen Tidak Relevan

Menurut pendapat Modigliani-Miller keputusan investasi given, pembayaran dividen tidak mempengaruhi terhadap pemegang saham. Berpendapat bahwa perkembangan perusahaan ditentukan earning power oleh aset perusahaan.

Berarti perkembangan perusahaan ditentukan kepada keputusan investasi. Modigliani-Miller membuktikan secara otomatis. Bisa mengambil kesimpulan tentang pendapat Modigliani-Miller adalah pengaruh pembayaran dividen diimbnagi dengan jumlah sama dan pemenuhan dana lainnya.

2.Relevansi Dividen

A. Dividen Dibayar Tinggi

Pembayaran dividen adalah mengurangi tingkat risiko dan yang selanjutnya adalah mengurangi keuntungan pendiri saham.

TRENDING:  Saham INTP Mempunyai Harga yang Super Tetapi Menjadi Rekomendasi

Beberapa argumen yang mendukung pembayaran dividen:

Kebijakan dividen adalah memiliki argumen-argumen sebagai berikut. Pahamilah dan bacalah agar lebih tahu tentang dividen.

1.Mengurangi ketidakpastian

Dividen yang tinggi dapat membantu mengurangi ketidakpastian. Karena faktor ketidakpercayaan akan berkurang, investor yang mempunyai sifat ini akan membayar harga tinggi untuk saham berdevidin tinggi.

2.Mengurangi konflik antara manajer dengan pemegang saham

Konflik bisa terjadi antar pihak yang berkaitan di perusahaan menurut Teori Keagenan. Pihak manajemen dan pendiri saham akan diberikan tugas untuk membagikan dividen kepada para pemilik saham investasi

3.Efek pajak

Dividen memiliki efek pajak yang tinggi daripada capital gain, investor memilih pembayaran dividen tinggi dikarenakan pajak lebih rendah.

Itu tadi kebijakan dividen adalah sudah diberi pengetahuannya.

B. Dividen Dibayar Rendah

Menurut Hanafi (2012) Berpendapat sebaiknya dividen dibayar rendah karena ada variabel yang mendasarinya.

Variabel tersebut adalah sebagai berikut:

1.Efek pajak

Amerika Serikat mempunyai pajak capital gain yang rendah daripada pajak dividen. Pajak capital gain akan efektif jika direalisir. Pajak capital gain juga bisa ditunda. Pembayaran pajak dividen akan dibayarkan saatnya sudah dividen diterima.

2.Biaya Emisi

Biaya modal internal lebih kecil dibandingkan biaya modal eksternal. Karena itulah perusahaan membayarkan dividen dengan rendah karena tidak harus menerbitkan saham yang baru.

C.Teori Residu Dividen

Keown menjelaskan teori mengemukakan dividen yang dibayar seharusnya saham yang bermodal untuk investasi untung. Misal perusahaan menyebabkan floatation cost, perusahaan harus mengeluarkan jumlah sekuritas yang besar untuk menerima jumlah untuk investasi.

Efek dari floatation cost yaitu akan menghilangkan perbedaan atau tidak samanya antara pembiayaan modal internal dan menahannya berbagai keuntungan. Besarnya dividen tergantung kepada kebijakan dividen masing-masing perusahaan.

TRENDING:  Trader Wajib Tahu Indikator Scalping Saham yang Baik

Menurut Naveli kebijakan dividen adalah yang ditempuh sebagai berikut:

1.Constant Dividend Payout Ratio

Kebijakan ini dibagikan secara tetap dalam persentase dan rasio tertentu.

2.Stable Per Share Dividend

Kebijakn ini menunjukan untuk mempertahankan laba yang berjumlah tinggi.

3.Reguler Dividen Plus

Kebijakan di perusahaan ini memberi tingkat dividen rendah tapi dalam jumlah dan memberikan tambahan perusahaan yang berkeuntungan tinggi.

Sekian ulasan tentang dividen adalah penting bagi para investor yang harus diketahui. Sebelum berinvestasi harus tahu seluk beluk perinvestasian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.