Cara Jumper Aki Motor yang Benar, Aman dan Anti Korslet!

Cara Jumper Aki Motor yang Benar, Aman dan Anti Korslet!

Bagi para pengendara yang menggunakan motor sebagai transportasi sehari-harinya. Tentu saja, banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar motor bisa selalu dalam kondisi baik. Salah satunya adalah bagian aki motor. Banyak orang yang tidak mengetahui cara jumper aki motor yang benar dan cukup sembarangan dalam melakukannya.

Jika dilakukan secara sembarangan hal ini bisa berbahaya bagi pengendara dan bagi mesin motor sendiri. Hal ini karena jaringan bisa konslet dan akibatnya bisa membahayakan. Aki pada mesin motor sendiri berpengaruh dalam menstabilkan arus listrik motor dan nyala lampu motor. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk melakukan jumper aki motor yang benar:

1. Menyiapkan Peralatan yang Diperlukan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum jumper aki motor adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Peralatan tersebut adalah aki motor, obeng plus dan obeng minus, satu unit tang, satu set kunci pas dan ring dalam berbagai ukuran dan kabel jumper aki. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sebagai isolator agar listrik tidak mengalir ke tangan.

2. Melepas Aki Lama dari Motor

Sebenarnya proses jumper aki motor ini bisa saja dilakukan dalam keadaan aki lama terpasang di motor. Alangkah lebih baik dan lebih aman jika aki motor dilepas terlebih dahulu dari motor. Untuk melepaskannya gunakan obeng plus dan minus yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Pasang Kabel Jumper ke Aki Baru

Setelah aki sudah terlepas, tahap selanjutnya dari cara jumper aki motor adalah memasang kabel jumper ke aki penjumper. Saat memasang perhatikan lagi posisi kabel jumper pastikan kutub positif dan negatifnya sudah berada di posisi yang benar pada kabel penjumper.

TRENDING:  Deretan Mobil Offroad Murah

Jangan lupa juga pastikan lagi jika baut pengait sudah terpasang kencang pada aki. Baut pengait yang kencang bisa mengurangi panas yang akan dihasilkan nanti pada saat jumper dilakukan.

4. Pasang Sisi Lain Kabel pada Bagian Motor

Langkah selanjutnya adalah sambung atau pasang ujung kabel jumper lain pada bagian motor yang ingin di jumper. Pasang jepitan kabel sesuai dengan kutub positif (+) dan negatifnya (-). Jangan lupa, untuk memastikan sekali lagi jika baut pengait dan kabel sudah terpasang dengan kencang. Karena proses ini akan menghasilkan panas. Pemasangan yang rapat ini bisa mengurangi efek panas yang mungkin saja terjadi ketika proses jumper terjadi.

5. Coba Hidupkan Motor

Jika semua kabel sudah terpasang dengan baik dan benar, tahap yang terakhir adalah coba hidupkan dan nyalakan mesin sepeda motor. Jika mesin motor bisa menyala dengan lancar itu berarti kondisi aki penjumper dalam kondisi bagus. Untuk melepaskan kabel jumper pada motor, tunggu beberapa saat dulu dan jangan langsung dilepaskan.

Lebih baik jika kabel penjumper dilepaskan dalam keadaan motor menyala dengan begitu para pengendara bisa melihat kinerja aki penjumper lebih baik lagi. Setelah beberapa saat, matikan kembali motor dan tes kembali dengan menghidupkan motor kembali.

Itulah cara jumper aki motor yang benar, cara ini lebih aman dan tidak menimbulkan korsleting pada motor. Bagi para pengendara motor yang mengalami masalah seperti motor sulit distarter atau lampu kurang terang. Jumper aki ini bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Jika jumper aki belum bisa mengatasi hal ini, cara terakhir yang bisa dilakukan pengendara adalah mengganti aki motor dengan aki yang baru. Hal ini karena bisa saja aki lama sudah terlalu tua sehingga tidak bisa dijumper lagi.

TRENDING:  Honda CRF 150L Spek, Harga, Review, Warna

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.