Berapa Lama Cas Aki Motor dan Bagaimana Cara Menchargenya Ini Jawabannya!

Berapa Lama Cas Aki Motor dan Bagaimana Cara Menchargenya_ Ini Jawabannya!

Para pengendara yang menggunakan motor sebagai transportasinya kadang berhadapan dengan masalah daya aki yang habis. Tentu saja, ini akan mempengaruhi performa kendaraan motor. Jangan buru-buru membeli aki baru, karena aki motor sebenarnya bisa dicas kembali. Hanya saja, kebanyakan orang bingung berapa lama cas aki motor harus dilakukan dan bagaimana cara mengecas akinya. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ulasan mengenai durasi mengecas aki motor dan bagaimana cara mengecas akinya.

Berapa Lama Aki Motor Harus Dicas?

Durasi mengisi ulang daya aki sendiri sebenarnya sangat tergantung akinya sendiri. Ada beberapa hal yang mempengaruhi berapa lama aki harus diisi ulang. Pertama adalah jenis aki, kedua kapasitas aki kering sendiri. Hal ketiga yang mempengaruhi adalah fitur quick charge yang ada pada aki, ada banyak aki yang memiliki fitur quick charge.

Fitur ini membuat aki dapat di charge lebih cepat daripada pengisian daya pada umumnya. Jika aki tidak memiliki fitur quick charge ini, biasanya aki membutuhkan waktu sampai 3-5 jam. Rentang waktu ini sangat bergantung dengan kapasitas aki motor sendiri.

Cara Mengecas Aki Motor

Setelah mengetahui berapa lama cas motor aki, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengecas aki motor. Para pengendara mungkin saja menggunakan merk pengisi daya aki motor yang berbeda-beda. Langkah-langkah pada umumnya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Listrik yang Stabil

Hal pertama yang harus diperlukan untuk mengisi daya ulang aki adalah sumber listrik yang stabil. Beberapa produk charger aki sebenarnya akan mengulang proses pengisian daya sejak awal jika sumber listrik turun di tengah-tengah proses. Jika saja terjadi pemadaman listrik bergilir, bisa saja proses pengisian daya terulang lagi. Hal ini tentu saja akan buang-buang waktu.

TRENDING:  29 Mobil Termahal Di Dunia Sepanjang Masa

2. Menyiapkan Tempat dan Charger Aki

Hal selanjutnya adalah cari tempat yang tepat untuk mengisi ulang daya aki dan alat untuk mengisi ulang daya aki. Tempat yang ideal untuk mengisi ulang daya aki adalah tempat yang kering dan jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini karena proses pengisian baterai pastinya akan membutuhkan waktu yang lama. Akan lebih baik jika pengendara memilih tempat yang aman untuk meninggalkan aki yang sedang di charger.

3. Sesuaikan Daya Charger dengan Aki

Daya charger dan aki memiliki batasan dayanya sendiri untuk mengeluarkan dan menyalurkan arus listrik. Oleh karena itu, lebih baik memilih charger dan aki yang dayanya dapat disesuaikan lebih baik lagi jika memilih daya charger yang lebih rendah dayanya dari aki. Hal ini memang akan membuat proses pengisian ulang membutuhkan waktu lebih lama namun lebih aman.

4. Menyambungkan Kabel Charger

Langkah selanjutnya adalah sambungkan kabel charger aki pada aki. Pastikan bahwa kabel sudah terhubung sesuai dengan kutub dan terminalnya. Ada dua kutub yang terdapat bagi aki motor yaitu positif (+) dan negatif (-). Biasanya kabel yang berwarna merah merupakan kabel untuk kutub positif (+) sedangkan kabel yang berwarna hitam adalah kabel untuk kutub negatif (-).

5. Lepas Kabel Charger Ketika Sudah Penuh

Indikator apa aki sudah selesai di cas apa belum adalah suhu pada aki. Jika aki sudah terasa hangat di bagian samping kemungkinan besar bahwa daya aki sudah penuh. Ada beberapa brand charger aki yang biasanya memiliki indikator yang akan menunjukan jika baterai sudah penuh. Segera lepas kabel charger pada aki ketika daya aki sudah penuh. Hal ini sangat penting agar tidak menyebabkan kelebihan panas atau overheat pada aki yang dapat menyebabkan kerusakan pada aki.

TRENDING:  Lamborghini Tak Ikut Lagi Di Ajang Pameran Mobil

Itulah penjelasan mengenai berapa lama cas aki motor dan bagaimana cara mengisi ulang aki motor. Jangan lupa untuk mengecek kembali aki dengan memasangkannya kembali pada motor. Jika motor bisa menyala berarti proses sudah berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.