Wajib Diketahui! Inilah Ukuran Oli Shock Depan Vixion

Wajib Diketahui! Inilah Ukuran Oli Shock Depan Vixion

Setiap motor memiliki takaran oli shocknya masing-masing. Adanya takaran ini akan membuat motor tersebut tidak berlebihan kadar olinya sehingga nyaman ketika digunakan. Banyak orang yang memiliki motor namun terlalu abai dengan kapasitas olinya. Berikut ini adalah ukuran oli shock depan Vixion yang patut untuk disimak:

Ukuran Oli Shock Depan Vixion

Oli shock merupakan kepanjangan dari oli shockbreaker atau bisa juga disebut dengan oli absorber. Umumnya, oli ini terdapat pada dua bagian yaitu depan dan belakang. Bagian depan tersebut dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan yang berarti sehingga mengakibatkan hal yang fatal. Adanya oli shock ini berfungsi untuk menyerap getaran sehingga jika terjadi guncangan dapat diredam. Ukuran oli shock depan Vixion harus sesuai dengan takaran yang telah ditentukan oleh pabrik.

Biasnya takaran tersebut disesuaikan dengan besarnya tabung. Oli shock yang terlalu banyak akan mengakibatkan pantulan yang begitu keras sehingga membuat tidak nyaman ketika berkendara. Ukurannya yang terlalu sedikit juga dapat membuat motor menjadi limbung sehingga harus sesuai takarannya. Umumnya, untuk motor vixion bagian depan dapat diisi dengan 230 ml oli. Ukuran tersebut hanya untuk bagian depan di sebelah kiri sedangkan bagian kanan juga perlu diisi dengan ukuran yang serupa.

Kedua ukuran tersebut jika digabung, maka bagian depannya membutuhkan 460 ml oli. Memang ukuran tersebut termasuk cukup banyak namun demi kenyamanan berkendara maka harus dilakukan. Ukuran yang telah disajikan berlaku untuk semua motor Vixion dengan berbagai tipe. Mengetahui ukuran penuh dari oli shock tersebut menjadikan pengguna akan lebih berhati-hati ketika mengisi oli ini agar tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Demi kenyamanan dan keamanan ketika berkendara, cara menakar oli shock tersebut harus dipahami dengan benar.

TRENDING:  Tidak Mau Mesin Overheat Saat Mudik, Perhatikan Komponen Radiator Ini

Permasalahan pada Oli Shock

Permasalah memang tidak pernah luput dari tingkah laku manusia, tidak terkecuali pada kendaraan. Banyak sekali permasalahan yang seringkali sulit untuk dipecahkan. Merawat motor memang menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dielakkan lagi. Beberapa masalah yang terkait dengan oli shock akan dibahas pada informasi berikut ini:

  • Oli Shock Terlalu Keras

Mengisi oli shock memang tidak boleh berlebihan dikarenakan menimbulkan masalah nantinya. Oli shock yang terlalu keras tentu menjadi sebuah masalah yang berarti bagi kendaraan Vixion. Laju dari kendaraan pun akan terganggu jika mengalami permasalahan ini. Oli yang terlalu keras lama-lama akan membuat leher oda menjadi cepat rusak.

Penyebab oli ini terlalu keras biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu oli shock terlalu kental atau terlalu banyak dalam mengisi oli shock. Itulah penyebab mengapa orang harus mengetahui takaran yang pas sesuai dengan pabrik motor tersebut . Pengguna pun dapat memperkirakan jika memang terdapat aturan yang jelas terkait oli shock.

  • Oli Shock Mengalami Kebocoran

Kebocoran yang terjadi pada oli shock ini sudah kerap kali terjadi sehingga tidak heran lagi. Akibat yang ditimbulkan jika terjadi kasus demikian maka akan membuat oli shock menjadi lebih keras dan tidak jarang akan mengeluarkan bunyi. Solusi yang paling jitu adalah dengan mengganti bagian sealnya kemudian nanti dapat diisi kembali dengan oli shock yang sudah dibeli.

Informasi mengenai ukuran oli shock depan Vixion tersebut dapat dijadikan sebagai penambah wawasan dan juga lebih mengenal karakter dari motor pribadi. Alangkah lebih baik jika mengganti oli ini disertai dengan service motor. Tujuannya agar motor yang dipakai menjadi lebih ringan dan tentu akan membuat pengguna semakin betah berkendara.

TRENDING:  Nyatanya Sepele Banget! Inilah Penyebab Smart Key Mobil Bermasalah

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.