Anak Perusahaan Inalum yang Tersebar di Berbagai Wilayah (inalum.id)
Anak Perusahaan Inalum yang Tersebar di Berbagai Wilayah (inalum.id)

Anak Perusahaan Inalum yang Tersebar di Berbagai Wilayah

PT Aneka Tambang Tbk dikenal dengan nama Antam adalah salah satu anak perusahaan Inalum. Perusahaan Antam adalah perusahaan yang kepemilikannya sekitar 35% saham yang diperdagangkan pada bursa dengan kode ANTM. Inalum sebagai BUMN yang memegang saham 100% pada pemerintahan Indonesia. Maka dari itu pemerintah Indonesia adalah pemegang saham tunggal Inalum.

Inilah Anak Perusahaan Inalum yang Harus Kamu Ketahui

Inalum adalah kepanjangan dari PT Indonesia Asahan Aluminium yang merupakan BUMN pertama dan terbesar di Indonesia yang bergerak pada bidang peleburan Aluminium. Adanya potensi listrik yang cukup besar dari aliran Sungai Asahan membimbing pemerintah Indonesia untuk mengundang perusahaan konsultan pembangunan Jepang. Tanggal 6 Januari 1976 terjadi adanya sebuah perusahan patungan antara pemerintah Indonesia dengan Jepang untuk didikan di Jakarta.

Inalum adalah induknya beberapa BUMN di Indonesia. Dalam melaksanakan ketentuan di dalam perjanjian induk, pemerintah Indonesia mengeluarkan SK Presiden No.5/1976 untuk melandasi terbentuknya Otoriter Pengembangan Proyek Asahan yang dijadikan sebagai wakil Pemerintah yang mempunyai tanggung jawab atas Pembangunan dan Pengembangan Proyek Asahan. Sebagai seorang investor Anda bisa saja memiliki saham dengan kode ANTM, PTBA, dan TINS. Sebagai perusahaan global yang besar Inalum terkenal dengan bisnis aluminium terpadu yang ramah akan lingkungan.

Inalum dicatat sebagai perusahan pertama di Indonesia yang bergerak pada bidang industri aluminium dengan kedapatan investasi sebesar 411 milyar Yen.

Tujuan dari didikan anak perusahan inalum adalah sebagai perusahaan yang berguna untuk membangun dan mengoperasikan proyek Asahan seperti PLTA dan Peleburan Aluminium Asahan. Peleburan Aluminium ini memiliki misi untuk pengaruh global yang berbasis aluminium dengan ramah lingkungan, menganut nilai-nilai profesional, tanggung jawab, integrasi, kerja sama dan faedah.

TRENDING:  5 Aplikasi Trading OJK, Investasi Saham Dijamin Aman

Anak Perusahaan Inalum antara lain:

1.      PT Aneka Tambang Tbk

PT tersebut dikenal dengan nama Antam yang masuk dalam anak usaha Inalum. Perusahaan dengan kepemilikan sebesar 35% sahamnya diperdagangkan pada bursa dengan kode ANTM. Bidang usaha yang masuk dalam Antam mencakup nikel, bauksit, batubara dan emas.

2.      PT Bukit Asam Tbk

PT Bukit Asam berdiri pada tahun 1950. Industri PT tersebut fokus pada pertambangan batu bara. Kantor pusatnya di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Bukit Asam telah melantai di Bursa Efek Indonesia. Kepemilikan sahamnya sekitar 31,15%.

3.      PT Timah Tbk

Anak perusahaan Inalum yang berikutnya adalah PT Timah bekerja pada bidang eksplorasi dan pertambngan timah. Bahkan PT tersebut telah menjadi penghasil timah terbesar di dunia. Didirikan pada 1968 dengan lokasi di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Kepemilikan saham nya sekitar 35% kode emiten TINS.

4.      PT Freeport Indonesia

Berdiri pada 7 April 1967 dengan kantor pusatnya yang berada di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua. Bidang usahanya adalah eksplorasi, pertambangan, setra memproses bijih yang di dalamnya terkandung tembaga, emas dan perak.

Pandemi Covid 19 ini Anak perusahaan Inalum tetap bergerak pada bidangnya dan mengguncang perekonomian, perusahaan itu tetap optimis dalam mempertahankan produksi aluminium. Dalam jangka waktu yang panjang perusahaan telah membangun integrasi bisnis dari hulu sampai hilir. Apalagi seluruh penambangan bauksit akan disintegrasi, yang diharapkan bisa memberi kebijakan dan strategi bisnis yang memberi nilai tambah pada masa yang akan datang.

Dalam meningkatkan sebuah produksi ada resiko yang harus dihadapi terhadap lingkungan hidup dari kegiatan usaha yang sedang dijalankan. Maka dari itu Inalum mempunyai komitmen untuk memberi upaya efisiensi energi dan sumber daya alam untuk mencegah adanya pencemaran lingkungan.

TRENDING:  Bursa Efek Indonesia dengan Berbagai Manfaat yang Diberikan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.