Jenis Pinjaman Bank Syariah Ringan untuk Dipergunakan (onmanorama.com)
Jenis Pinjaman Bank Syariah Ringan untuk Dipergunakan (onmanorama.com)

Jenis Pinjaman Bank Syariah Ringan untuk Dipergunakan

Walau sudah lama hadir di tengah masyarakat, namun masih ada banyak orang yang menggunakan berbagai jenis pinjaman bank syariah dan konvensional. Tidak heran jika masih ada banyak orang yang belum mengetahui apa saja prinsip menggunakan bank.

Kehadiran bank syariah tentunya memberikan keuntungan yang masyarakat inginkan. Karena bank ini memberikan berbagai pembiayaan yang berbeda dari bank konvensional. Pinjaman dari bank syariah bisa diakses siapapun dan bisa memenuhi kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Untuk Anda yang belum memahami apa yang dimaksud dengan pinjaman syariah, bisa mengetahuinya lewat artikel ini. Anda bisa mengetahui berbagai manfaat yang diberikan dari bank ini. Kegiatan dan usaha Anda bisa berjalan lebih lancar dan aman.

Berbagai Jenis  Pinjaman Bank Syariah

Bank syariah, merupakan bank khusus yang berjalan dengan pondasi syariat Islam. Di Indonesia kini sudah ada banyak bank yang menerapkan jenis pinjaman ini. Jika menggunakan jenis bank ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tingkatan profesionalisme serta pelayanan yang akan diberikan.

Karena semua kegiatanya berdasar syariat islam, maka Anda tidak akan dikenali bunga ketika menggunakan pinjaman. Anda tidak perlu membayar bunga lebih saat mengembalikan uang pinjaman. Uang akan kembali dalam bentuk utuh sesuai jumlah yang dipinjam.

Sehingga tidak akan memberatkan peminjam. Ada banyak jenis pinjaman yang diberikan ketika Anda menggunakan bank ini. Semua kegiatan transaksi juga dapat berjalan dengan baik, dan Anda tidak akan ditipu.

Berhubungan dengan hal tersebut kami akan memberikan jenis pinjaman syariah yang bisa Anda gunakan dengan baik.  Berikut jenis pinjaman bank syariah yang bisa kami berikan.

Jenis Pinjaman

Pada dasarnya jenis pinjaman syariah itu sama dengan bank konvensional, dimana produk yang digunakan dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Perbedaannya hanya pada sistem pembayaran yang bermacam-macam.

TRENDING:  Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Membuat Rekening Tabungan

Dalam berbagai hal ini, bank bertugas sebagai orang yang meminjamkan dana dan memberikan bunga pada dana yang dipinjaman para nasabah. Sebagai gantinya mereka harus menggunakan beberapa sistem pembayar. Sistem pembayaran yang diberikan diantaranya.

Sistem Bagi Hasil

Jika dilihat dari jumlah, maka pinjaman bank syariah bisa memberikan modal sebesar 100% dari jumlah yang diperlukan. Jumlah tersebut belum tentu mampu dipenuhi bank konvensional.

Meski begitu, bank hanya akan memberikan dana setengahnya saja. Dalam sistem bagi hasil terbagi menjadi dua sistem lagi, yaitu profit dan revenue yang sering disebut nisbah.

Akad

Ketika Anda melakukan peminjaman dana dalam syariat Islam, maka perlu melakukan akad. Dalam prosesnya, ada tiga jenis akad yang bisa Anda gunakan. Akad tersebut akan memberikan keuntungan setelah Anda menyetujui kesepakatan.

Tiga jenis kata tersebut meliputi akad Mudharabah, akad Al Musyarakah, dan akad Al Muzara’ah. Selain itu, terdapat bentuk layanan lain yang bisa mempermudah Anda dalam mendapatkan dana yang dibutuhkan.

Prinsip Sewa

Dalam prinsip sewa menggunakan dua jenis pinjaman yaitu Al-Ijarah dan Muntahiya bittamlik. Ijarah merupakan kegiatan sewa menggunakan tanggung jawab melalui pembayaran sewa. Sedangkan Muntahiya merupakan pemindahan barang yang diakhiri dengan pemindahan status kepemilikan.

Jika bisa menggunakan berbagai jenis pinjaman bank syariah ini dengan baik, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan juga semakin banyak. Ingat sebelum melakukan peminjaman dana dari bank baik syariah maupun konvensional, Anda perlu sadar bahwa bisa untuk melunasi pinjaman tersebut. Jadi, jangan terburu-buru untuk memutuskan pinjam uang, apalagi Anda tak bisa melunasi kedepannya.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.