Kegiatan Usaha Bank Syariah dengan Karakteristik Bagi Hasil (islam.nu.or.id)
Kegiatan Usaha Bank Syariah dengan Karakteristik Bagi Hasil (islam.nu.or.id)

Kegiatan Usaha Bank Syariah dengan Karakteristik Bagi Hasil

Dalam industri finansial dan perbankan, bank syariah kini sedang naik daun. Nabung di bank syariah akan memberikan keuntungan dan kenyamanan untuk Anda. Kegiatan usaha bank syariah juga hampir sama dengan bank konvensional.

Sehingga, Anda bisa lebih mudah menggunakan bank ini untuk kebutuhan Anda. Menerapkan prinsip hukum Islam, sehingga setiap kegiatannya bisa berjalan dengan mudah.  Prinsip syariah juga sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 21 tahun 2008.

Untuk Anda yang masih kebingungan mengenai kegiatan yang berjalan dalam bank ini, bisa mengetahuinya lewat artikel ini. Jadi Anda bisa menggunakan salah satu jasa yang dimiliki bank ini dengan benar.

Berbagai Kegiatan Usaha Bank Syariah

Bank syariah merupakan bank yang berjalan dengan menerapkan syariah Islam. Jika bank yang Anda gunakan sudah menerapkan bank ini, maka sudah jelas memiliki keamanan yang dimilikinya sangat baik.

Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang sama lengkap dengan bank konvensional. Kegiatan usaha bank syariah juga cukup banyak. seperti menghimpun dana dalam bentuk simpanan giro, deposit, tabungan, dan sebagainya.

Selain itu, bank ini juga bisa menyalurkan pembiayaan yang berperdoman dengan syariat Islam. Sehingga proses penyaluran akan terlihat jelas dan tidak membingungkan.

Hubungan bank dan nasabahnya juga tidak dalam bentuk pinjaman, melainkan penyediaan dana, sewa-menyewa, dan menyediakan berbagai jasa lain. Semua pemenuhan dilaksanakan dengan memenuhi hukum Islam.

Dalam menjalankan hukum Islam, maka proses peminjaman harus berjalan dengan berbagai tahap, termasuk adanya akad. Bank syariah memiliki beberapa akad yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis pinjaman yang Anda pilih.

Selain kegiatan usaha bank syariah yang penting, sistem yang digunakan bank ini, berbeda bukan sistem bunga melainkan bagi hasil.  Sistem bagi hasil juga memiliki karakteristiknya sendiri, penasaran?

TRENDING:  Pinjaman Online BRI Memberikan Pinjaman Kurang Dari 10 Menit

Karakteristik Sistem Bagi Hasil Dalam Bank Syariah

Sistem bagi hasil mungkin hal yang paling terkenal dari bank syariah. Namun, apa Anda tahu sistem ini memiliki karakteristiknya  sendiri sehingga menjadi pembeda antara bank syariah dan konvensional. Berikut sudah kami sediakan berbagai penjelasan mengenai sistem bagi hasil di bank syariah, diantaranya.

Adanya Untung Rugi

Pihak bank yang berperan sebagai pengelola uang yang akan diberikan kepada nasabah, akan mendapatkan keuntungan maupun kerugian. Meski begitu, ketetapannya masih disesuaikan dengan persentase kesulitan dalam kesepakatan dan akad yang sudah ditentukan.

Margin Keuntungan Bank

Margin keuntungan untuk bank ditentukan dari kesepakatan bersama. Apalagi jika ditambah pada pokok pembiayaan yang berlaku sebagai harga jual tetap tinggi. Proses pembagian berdasarkan nisbah dan sesuai dengan kesepakatan.

Rasio Bagi Hasil

Pembagian keuntungan yang diberikan pada nasabah dan bank akan disediakan dalam bentuk rasio bagi hasil dari pendapatan serta keuntungan yang didapatkan oleh nasabah tersebut.

Halal

Sistem bagi hasil itu, “halal” dengan pandangan Islam. Sejauh ini, masih jarang ada sistem ekonomi yang menerapkan standar Islami dan bertentangan dengan sistem bagi hasil.

Jumlah Pembagian

Karena pengembalian modal menggunakan konsep bagi hasil, maka pendapatan yang dari nasabah harus dibagi dua. Masuk sebanyak apapun pendapatannya tetap dibagi dua hingga dana lunas. Masalahnya pendapatan seseorang kadang tidak tetap, sehingga jumlah pembagian berubah-ubah.

Kerugian Ditanggung Bersama

Berbeda dengan bank konvensional, kerugian akan ditanggung bersama. Kedua pihak akan menanggung rugi jika memang mengalami kerugian. Sehingga keuntungan akan bergantung besar pada kinerja usaha yang dibayar dan membutuhkan keterbukaan satu sama lain.

Sudah tahu semua karakteristik sistem bagi hasil yang ada dalam kegiatan usaha bank syariah, maka Anda bisa menggunakan bank ini dengan benar, sehingga tidak akan mendapatkan jumlah kerugian yang banyak.

TRENDING:  Beberapa Kegiatan Bank Umum Beserta Jenisnya

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.