Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula (www.pranataprinting.com)
Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula (www.pranataprinting.com)

Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Cara memulai investasi saham bagi pemula tentu sangat wajib diketahui bagi para investor pemula. Berinvestasi tidak semudah yang kalian bayangkan. Berinvestasi juga harus mengetahui tahap-tahap pengetahuan tentang saham. Semua orang pasti ingin mempunyai investasi pribadi. Sebelum melakukan Investasi, kalian perlu mengetahui cara-cara yang benar dalam berbisnis.

Cara Investasi Saham untuk Pemula

Di artikel ini akan membahas bagaimana cara berinvestasi dan tentang pengetahuan investasi. Simak dan baca info lengkapnya disini.

1. Alokasikan Waktu untuk Belajar

Cara memulai investasi saham yang pertama adalah mengalokasikan waktu untuk memperdalam tentang saham. Pelajarilah tentang ilmu dasar investasi saham, pahami istilah yang digunakan dalam dunia perinvestasian. Selain itu bisa pakai beberapa akun trading untuk mengasah simulasi perdagangan di pasar saham. Selain mengikuti atau memakai akun trading, kalian juga bisa bergabung ke komunitas saham.

2. Pilih Sekuritas yang Tepat dan Terjamin

Selain memperdalam ilmu tentang saham, kalian juga harus mempelajari tentang sekuritas atau broker saham. Broker atau sekuritas masing-masing mempunyai biaya transaksi berbeda pembelian dan penjualan saham. Semakin biayanya kecil kalian semakin mendapatkan keuntungan. Pilihlah sesuai keinginan kalian dan yang dibutuhkan.

3. Pahami Indeks Saham

Cara selanjutnya untuk memulai investasi saham adalah harus paham betul dengan Indeks Saham. Indeks Saham adalah ukuran statistik yang memperlihatkan keseluruhan harga sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria metodologi serta bagi portofolio yang aktif, untuk proksi kelas aset pada alokasi aset.

4. Kenali Perusahaan dan Industrinya

Tahap pembelajaran selanjutnya adalah harus mengenali analisa perusahaan dan tentu beserta industrinya. Semisal cari tahulah latar belakang perusahaan dalam mengembagkan industrinya.

5. Mulai Perhatikan Kondisi Ekonomi dan Politik

Bukan hanya mengenali perusahaan dan industrinya saja kalian juga harus memperhatikan kondisi ekonomi dan politik.

TRENDING:  Saham Bumi Sedang Beransur Menurun Namun Masih Menguntungkan

6. Beli Saham Blue Chip

Cara selanjutnya memulai investasi saham adalah membeli saham Blue Chip. Blue Chip saham merupakan jenis saham relatif cocok bagi investor pemula yang takut dengan harga saham yang tinggi.

7. Manfaatkan Saham dengan PER Rendah

Bagi investasi pemula disarankan untuk mencoba memanfaatkan saham dengan PER rendah yang merupakan penghitung harga saham perusahaan yang keuntungan perusahaan tahunan. Tingkat rasio kepercayaan investor kepada kinerja perusahaan yang semakin tinggi.

8. Jangan Mudah Menyerah

Cara selanjutnya untuk memulai investasi saham yang paling penting adalah jangan mudah menyerah berusahalah dengan giat. Karena kunci keberhasilan atau kesuksesan adalah diiringi dengan doa dan usaha. Jangan takut mengambil resiko dan jangan ingin cepat kaya. Tanamkan mindset untuk berinvestasi sebelum memulainya. Kesuksesan dipengaruhi oleh mindset karena membawa dampak yang signifikan.

9. Mulai Berinvestasi Meski Modal Kecil

Jangan takut memulai investasi dengan modal kecil. Dengan ini kalian bisa belajar mengenai kekurangan atau kelebihan dari usaha kalian.

Untuk memulai investasi saham bagi pemula harus ada yang perlu diperhatikan:

A. Belajar cara investasi saham online

Investasi saham secara online hal yang paling mudah untuk dipahami. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online karena sekuritas mengakomodasi pembukaan online dan dokumen syaratnya bisa dikirim via kurir sehingga akan memudahkan bagi kalian untuk membuka rekening investasi saham.

B. Modal kecil

Investasi bagi pemula mungkin dengan modal kecil. Ini tidak bermasalah karena ketentuan bursa minimum transaksinya 1 lot, yaitu kisaran 100 lembar saham.

C. Pilihlah saham yang akan kalian beli

D. Buatlah rencana menabung khusus untuk saham dengan menetapkan budget investasi setiap bulannya.

10. Gerakan Yuk Nabung Saham

Cara selanjutnya untuk memulai investasi saham adalah dengan cara ikutan Gerakan Yuk Nabung Saham.

TRENDING:  Rekomendasi Saham Blue Chip yang Layak Dipertimbangkan

cara melakukan dan ikut gerakan Yuk Nabung Saham sangatlah mudah simak dan pahamilah dibawah ini:

a.Membuka rekening efek di perusahaan sekuritas

b.Tentukan nominal dana atau uang

c.Menyetorkan dana atau uang secara rutin

d.Melakukan pembelian saham secara rutin

Sekian ulasan tentang cara memulai investasi saham bagi pemula. Semoga bermanfaat dan sukses buat kalian yang ingin mencoba berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.