5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar Tanpa Hambatan

5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar Tanpa Hambatan

Aki mobil merupakan sebuah  elemen vital pada mobil. Sebab, tanpa adanya tenaga aki. Mobil enggan untuk  berjalan maksimal. Oleh sebab itu, pemilik otomobil mesti mengecek aki mobil secara berkala. Tujuannya,  agar mobil berjalan lancar. Apabila kendaraan mogok, maka pemilik mobil harus ganti aki dengan cara melepaskannya. Lantas, bagaimana cara melepas aki mobil yang benar? Inilah pembahasan lengkapnya:

1. Mulailah Melepaskan Rangkaian Kabel Aki Bermuatan minus

Apabila pemilik mobil ingin melepaskan aki mobil, maka step nomor satu yang harus dilakukan yaitu mulailah melepaskan aki mulai dari kabel baterai bermuatan minus. Adapun tujuannya adalah mengantisipasi terjadinya konslet listrik pada mesin mobil. Hal itu dapat menyebabkan kebakaran mesin. Jadi, pemilik mobil harus melepas aki dengan cermat.

Oleh karena itu, jika pengendara mobil ingin melepaskan aki mobil wajib memulainya dari kabel baterai arus negatif. Adapun cara melepasnya aki dari kabel baterai bermuatan minus, adalah pemilik mobil harus melepaskan lebih dahulu kabel  baterai berarus minus. Kemudian, lepaskanlah  penjepit tali kabel aki. serta sekrup aki mobil.

2 Melepaskan Aki Mobil dengan Cermat

Jikalau  pengendara mobil tidak punya kemampuan untuk  melepaskan aki mobil. Lalu, pemilik kendaraan  bisa menghubungi petugas bengkel terdekat. Tujuannya, agar bisa mendapatkan bantuan petugas bengkel. Jadi, pemilik mobil dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan akibat kesalahan memasang aki mobil. Misalnya, aki mobil tidak berfungsi atau bisa juga mobil menjadi berasap. Hal itu karena pemasangan aki dalam posisi terbalik.

3. Mencuci Bagian-Bagian Aki yang Karatan Sebelum Melepasnya

Cara melepas aki mobil yang benar yang berikutnya yaitu mengecek dengan teliti bagian-bagian aki yang terlihat karatan. Misalnya, rangkaian kabel aki, penjepit tali kabel aki. Apabila ada bagian aki yang terlihat karatan. Setelah itu, step yang harus dilakukan oleh pemilik mobil adalah mencuci bagian-bagian aki mobil yang terlihat karatan. Adapun cara membersihkan bagian aki yang terlihat karatan adalah pemilik otomobil dapat mengelap bagian-bagian aki menggunakan lap kain biasa.

TRENDING:  5 Merk Oli Samping Vespa Terbaik

Pengguna juga bisa menggunakan kain kanebo yang telah dibasahi larutan pembersih karat. Kemudian, gosok sampai bersih semua bagian aki yang terlihat  karatan. Selanjutnya, fungsi dari pembersihan aki yang berkarat, yaitu supaya tidak ada daya listrik yang masuk ke dalam ujung kabel aki. Jika daya listrik bisa memasuki ujung tali kabel aki, maka yang terjadi adalah timbulnya percikan api yang berpotensi jadi asal mula terjadinya konslet listrik.

4 .Melepaskan Rangkaian Kabel Pemilik Arus Positif

Cara keempat yang harus ditempuh bagi pengguna yang ingin melepas aki yaitu melepaskan rangkaian kabel aki automobil yang mempunyai arus plus. Syaratnya pemilik mobil harus sudah selesai melepaskan semua kabel aki yang mempunyai arus  minus. Adapun cara melepaskannya pemilik mobil hanya tinggal melepaskan rangkaian kabel. Serta, penjepit kabel aki.

5. Mengangkat Aki Mobil Pelan-Pelan & Mengangkat pada Posisi Tegak Lurus

Langkah selanjutnya, setelah pemilik mobil berhasil melepaskan kabel aki arus minus dan arus minus. Terakhir, pemilik mobil harus mengangkat aki mobil pelan-pelan. Serta, dalam posisi tegak lurus. Alasannya, supaya air aki enggan membasahi tangan dan mesin mobil. Air aki yang terkena tangan akan menyebabkan tangan terasa terbakar. Sedangkan, air aki yang terkena bagian-bagian mesin mobil akan menyebabkan rusaknya  bagian-bagian mesin mobil. Akibatnya, menyebabkan mobil tidak bisa berjalan dengan baik.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara melepas aki mobil yang benar. Langkah ini tentu dapat membantu pembaca yang kesulitan dalam hal melepas aki mobil. Hasilnya pembaca dapat melepaskan aki mobil tanpa hambatan apapun.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.