Inilah Daftar Ampere Aki Motor dan Jenisnya

Inilah Daftar Ampere Aki Motor dan Jenisnya

Aki merupakan salah satu bagian yang penting dari motor karena fungsinya sebagai sumber setrum untuk dialirkan ke bagian lain. Oleh karena itu pemilihan jenis aki dan spesifikasi dari berbagai daftar ampere aki motor yang tersedia. Aki juga merupakan salah satu bagian yang membutuhkan perhatian untuk perawatan dan penyimpanan yang cukup besar dari pemiliknya.

Para pemilik kendaraan apabila menginginkan untuk mengganti aki karena sudah rusak atau soak juga tidak boleh memilih sembarangan. Cara terbaik adalah dengan mengunjungi atau melakukan konsultasi dengan ahli yang mengetahui hal terbaik. Akan tetapi, pemilik boleh juga memilih dari daftar jenis ampere pada aki motor berikut ini yang harus sesuai dengan kendaraan agar tidak cepat rusak.

Jenis Aki Kendaraan

Sebelum memasuki pembahasan mengenai kapasitas ampere aki yang ada pada kendaraan bermotor, sebaiknya mengetahui jenis aki yang beredar di pasaran. Aki pada kendaraan bermotor yang memiliki berbagai jenis dan setiap jenis memiliki kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Langsung simak berbagai jenis aki yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sebagai berikut:

1. Jenis Aki Basah

Pemilik kendaraan mungkin tidak asing dengan aki basah karena memang lebih banyak dan mudah ditemukan di pasaran dengan mudah. Selain itu, aki ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding jenis aki lainnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki aki basah ini adalah penggunaannya dapat digunakan berulang-ulang dengan memperhatikan dan melakukan perawatan tertentu secara rutin.

2. Aki Kalsium

Jenis kedua yang juga masih dapat ditemui di pasaran meskipun sedikit sulit yakni aki kalsium. Sebenarnya jenis aki ini yang hampir serupa dengan aki basah. Penyimpanan setrum atau arus listrik dan memiliki kualitas yang lebih baik dari aku basah merupakan kelebihan yang dimiliki. Harga yang ditawarkan juga termasuk masih terjangkau.

TRENDING:  Rekomendasi Alarm Mobil Yang Bagus Dibawah 1 Jutaan

3. Gabungan Kedua Jenis Menjadi Aki Hybrid

Pilihan selanjutnya yang mungkin dapat menjadi salah satu pertimbangan adalah aki hybrid. Seperti namanya, aki jenis ini adalah kombinasi antara aki basah dan aki kalsium yang menjadi alternatif apabila pilihan aki lain tidak ada. Kelebihan yang dimiliki seperti lebih baik dalam menahan penguapan elektron sehingga masa usia yang dimiliki lebih lama dibanding aki basah,

Kapasitas Ampere Aki

Setelah mengetahui jenis aki, perlu mengetahui kapasitas ampere aki dan baru pemilik dapat menentukan aki yang sesuai. Sedikit saran untuk pemilik apabila mengganti aki adalah pastikan setidaknya kenaikan maksimal 15 persen dari kapasitas aki yang dimiliki sebelumnya. Pemilik dapat memilih beberapa ampere yang ada dari jenis aki yang telah disampaikan sebelumnya berikut ini:

  • Kapasitas 2 Ampere

Pemilik dapat mengetahui kapasitas aki dengan melihat simbol atau tulisan Ah/hr pada bagian atas aki. Tanda tersebut mengindikasikan besaran kapasitas aki yang dimiliki beserta hour atau waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan kapasitas.

  • Aki 8 Ampere

Kapasitas normal biasanya dari daftar ampere aki motor memiliki rentang sebesar 2 hingga 8 ampere untuk aki kendaraan bermotor. Pemilik kendaraan dapat menyesuaikan kapasitas tersebut sesuai aki bawaan yang diperoleh dan dipasang oleh pabrik sebelumnya. Beberapa produk yang menyediakan aki 8 ini adalah seperti merk Motobatt, Accu Nagasaki dan sebagainya.

Setelah mengetahui daftar ampere aki motor beserta jenis yang telah disampaikan, kini pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan. Pembelian aki dapat dilakukan melalui bengkel, toko official, ataupun toko online. Saat pemasangan, pemilik harus berhati-hati untuk meletakkan peralatan atau sisa bagian yang telah terpasang serta memastikan arus listrik ketika proses pengecasan.

Daftar Isi

TRENDING:  Wajib Diketahui! Inilah Ukuran Oli Shock Depan Vixion

Leave a Reply

Your email address will not be published.