aplikasi untuk mengecilkan ukuran file

6 Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran File di Android yang Sering Digunakan

Adanya aplikasi untuk mengecilkan ukuran file ini tentunya sangat memudahkan banyak orang dalam melakukan pekerjaannya, terutama dalam mengolah file. Dengan ukuran file yang terlalu besar biasanya akan menghambat pekerjaan seseorang, seperti lama saat meng-upload dan seringkali gagal dalam proses tersebut.

Hal ini tentunya sangat menyita waktu banyak, terlebih lagi ketika seseorang sedang terburu – buru. Aplikasi kompres file ini tidak hanya tersedia di PC/laptop saja, tetapi juga di Android, sehingga para pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Supaya lebih jelas, berikut adalah daftar beserta penjelasan aplikasi-aplikasi yang dapat dipakai:

1. ZArchiver

Aplikasi pertama paling populer yaitu ZArchiver yang dikembangkan oleh ZDevs sejak tahun 2012. Software ini dapat mengompres dan membuat berbagai macam jenis file seperti zip, XZ, tar, zst dan masih banyak lagi. Menariknya, dalam mengecilkan ukuran file, pengguna dapat melakukannya secara offline.

Selain itu, adanya dukungan UTF-8/UTF-16 pada aplikasi ini membuat pengguna bisa memberikan nama pada file dengan berbagai macam simbol. Cara penggunaannya, pengguna hanya perlu memilih file yang ingin dikompres lalu pilih menu “kompres” dan pilih ok.

2. Kompres File PDF

Sesuai namanya, aplikasi untuk mengecilkan ukuran file ini hanya dapat digunakan pada jenis file PDF. Pengguna juga bisa menentukan sendiri ukuran file yang diinginkan sampai dengan 90% dari ukuran asli. Meskipun aplikasi ini bari sekitar dua tahun dirilis, rating yang dicapai sudah mencapai 4,7 dengan 65 ribu komentar. Tampilan yang dimiliki aplikasi ini pun sederhana, sehingga membuat pengguna nyaman menggunakannya.

3. B1 Archiver Zip Rar Unzip

Jika pengguna mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk mengekstrak, membuat serta mengonversi berbagai macam jenis file, maka aplikasi ini paling tepat digunakan. Didukung dengan 37 format file, pengguna dapat mengekstrak file yang diinginkan tanpa mengkompres file terlebih dahulu. Kelemahan aplikasi ini adalah terdapatnya iklan, sehingga pengguna harus meng-upgrade versi pro agar tidak ada iklan yang seringkali mengganggu.

TRENDING:  Keren! Inilah 5 Cara Menggabungkan File Pdf di Laptop dengan Mudah

4. ALZip – File Manager

Tidak hanya dapat mengecilkan ukuran file, aplikasi ini juga berfungsi sebagai file manager yang dimana dapat memindahkan, menyalin serta membuka file di handphone. File manager ini sengaja didesain dengan tampilan sederhana, supaya pengguna dapat dengan mudah mencari file yang diinginkan.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan file ke favorit serta mengunggahnya ke cloud atau email. Namun, jika ukuran file pengguna lebih dari 4GB maka akan lebih sulit untuk dikecilkan menggunakan aplikasi ini.

5. iLove PDF

Tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh, iLove PDF ini juga dapat diakses melalui situs web. Bagi pengguna yang ingin memperkecil ukuran jenis file PDF, aplikasi ini sangat cocok digunakan.

Aplikasi ini juga sudah mendukung sekitar 25 bahasa pilihan dunia, lho. Untuk memperkecil ukuran file yang diinginkan ini dapat dilakukan secara gratis, namun apabila pengguna ingin mengakses seluruh fitur yang tersedia, pengguna harus membayar terlebih dahulu.

6. RAR

Banyak orang yang telah mengenali aplikasi ini dan digunakan lebih dari 100 juta pengguna. Software ini merupakan program all in one yang dapat digunakan secara gratis, mudah dan cepat. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan hasil file yang sudah terkompres langsung kepada teman – teman di media sosial lainnya.

Demikianlah rekomendasi aplikasi untuk mengecilkan ukuran file yang dapat diunduh di Android. Kira – kira aplikasi mana ya yang sudah ada di handphone-mu? Silahkan dicoba dan lihat hasilnya!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.