5 Cara Cek Kesehatan Hardisk Paling Efektif

5 Cara Cek Kesehatan Hardisk Paling Efektif

Tidak hanya software, namun keberadaan hardware seperti hardisk menjadi komponen perangkat komputer atau laptop yang penting. Dimana fungsi utama harddisk adalah untuk menyimpan data-data penting dalam perangkat tersebut. Namun, tidak jarang hardisk mengalami kerusakan tiba-tiba. Lalu bagaimana cara cek kesehatan hardisk? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Melakukan Pengecekan Secara Berkala Kondisi Hardisk

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk cara cek kesehatan Hardisk adalah dengan mengecek kondisi fisik hardisk. Untuk tanda Hardisk masih normal adalah  tidak ada bunyi yang ditimbulkan. Bila kondisi “kesehatannya” mulai menurun akan ada bunyi bising atau sebagainya. Jika hal ini terjadi, pastikan pengguna segera melakukan backup data penting di dalam perangkat.

2. Menggunakan Software HDTune

Pada software ini bisa membantu pemilik komputer untuk mengecek kondisi hardisk. Pasalnya software ini dilengkapi dengan fitur untuk scanning bad sector. Fitur ini sangat penting, sebab saat hardisk mengalami gangguan maka akan membuat data tidak terbaca.

Adapun caranya pertama pastikan dengan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian lanjut masuk aplikasi dibagian Health. Pada bagian ini akan terlihat jelas bagaimana status kondisi hardisk disaat itu juga. Setelah itu bisa klik pada error scan untuk melakukan proses scanning bad sector. Jika terdapat kondisi yang buruk bisa segera backup data agar file pengguna aman.

3. Mengecek dengan CMD

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memastikan kondisi hardisk adalah dengan melalui Command prompt. Langkahnya pengguna bisa masuk pada menu ini di komputer, jika sulit untuk ditemukan bisa search pada Windows lalu lanjut enter, maka akan langsung muncul menu tersebut.

Lalu setelah masuk menu ini tulis wmic diskdrive get status kemudian bisa tekan enter untuk mengkonfirmasinya. Maka tunggu beberapa saat agar komputer memberikan informasinya. Apabila hardisk memang kondisinya baik, akan muncul laporan dengan status OK. Tapi sebaliknya jika tidak ada status OK bisa menjadi salah satu tanda kerusakan hardisk.

TRENDING:  Cara Ganti Nomor HP Kredivo yang Hilang dengan Benar

4. Menggunakan HDD Regenerator

Selain yang disebutkan diatas, pengguna bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi HDD Regenerator. Dimana dengan aplikasi ini bisa memperbaiki bad sector. Caranya adalah mendownload dan install aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu bisa masuk dan memilih menu Regeneration sehingga otomatis akan muncul beberapa pilihan.

Pengguna klik pada bagian opsi Start Process Under Windows. Bagian ini bisa memperbaiki bad sector yang ada di flashdisk. Untuk mengecek bad sector pada hardisk maka bisa menggunakan flash drive. Maka secara otomatis akan terjadi proses booting saat proses pengecekan ini. Lalu untuk memaksimalkan proses bisa mematikan aplikasi lainnya.

5. Memasang Harddisk Sentinel

Selanjutnya software yang bisa membantu cek kesehatan hardisk adalah Harddisk Sentinel. Pada aplikasi ini bisa ditemukan banyak informasi, misalnya terkait dengan performa kecepatan, suhu hingga lokasi dimana terdapat bad sector.

Juga ada informasi terkait dengan ukuran ataupun merk dari perangkat yang sedang dicek kondisinya. Pasalnya aplikasi ini telah dilengkapi teknologi S.M. A.R.T jadi lebih mampu dalam menganalisis atau memprediksi kerusakan yang ada di dalam hardisk.

Setelah pengguna masuk pada aplikasi ini maka akan muncul beberapa indikator. Untuk kondisi yang masih bagus maka indikator akan berwarna hijau dan kuning. Sedangkan untuk indikator warna merah tanda hardisk mengalami kerusakan. Jadi, pengguna bisa langsung mengamankan data.

Demikian itu beberapa cara cek kesehatan hardisk yang bisa dipraktekkan. Oleh karena itu, mulai sekarang pengguna bisa mempraktekkannya. Tentunya hal tersebut juga menjadi usaha untuk menjaga performa hardisk agar tetap mumpuni.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.