cara mengatasi keyboard laptop error

5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Mudah Dilakukan Sendiri

Keyboard  adalah perangkat keras yang diperuntukan untuk meng-input data ke dalam komputer atau laptop. Perangkat satu ini sangat krusial dan penting, sehingga ketika error maka penggunaan laptop-pun akan terganggu. Ketika keyboard rusak, jangan terburu-buru ke jasa service komputer, coba cara mengatasi keyboard laptop error yang mudah dan tanpa biaya. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Lakukan Restart Laptop

Cara untuk mengatasi keyboard laptop error yang satu ini, terbilang paling mudah. Hal ini karena tinggal me-restart laptop. Cukup mematikan laptop kemudian tunggu beberapa waktu dan hidupkan kembali. Bisa jadi keyboard laptop menjadi error karena sudah terlalu lama nyala dan tidak dilakukan rebooting sebelumnya.

Jika cara mengatasi keyboard laptop error tadi masih belum bisa membuat keyboard yang eror berfungsi kembali. Maka matikan laptop kemudian lepas baterai nya terlebih dahulu, tunggulah beberapa saat, pastikan baterai tidak panas, kemudian pasang kembali baterainya dan nyalakan kembali.

Keyboard error juga bisa dikarenakan kinerja diver keyboard terganggu karena banyaknya program yang dijalankan. Alangkah lebih baik ketika menyalakan laptop maka tutuplah program-program yang sudah tidak dipakai. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kinerja laptop sehingga menjadi lebih maksimal.

2. Periksa Tombol Fn atau F-Lock

Fn yang dimaksud adalah tombol  F-Lock yang digunakan untuk kunci fungsi. Dimana jika menekan tombol ini maka fungsi tombol akan mati. Mungkin saja keyboard laptop mati karena F-lock tidak sengaja tertekan. Pada beberapa merk laptop menandai tombol F-Lock ini dengan tombol Fn. Sehingga untuk memastikan berfungsi atau tidaknya, tekan terlebih dahulu tombol tersebut.

Kemudian periksa kembalilah apakah keyboard sudah berfungsi dengan normal atau belum. Jika keyboard masih belum berfungsi dengan baik, cobalah untuk menekan tombol Fn + F11 bersamaan. Atau bisa juga dengan menekan tombol Fn + Numlock. Jika masih belum bisa berfungsi, cara lainnya adalah menekan tombol Fn + Shift + Numlock bersamaan.

TRENDING:  Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh untuk Hp Beserta Aplikasinya

3. Bersihkan Tombol Keyboard

Errornya keyboard bisa juga dikarenakan debu dan kotoran yang menumpuk di lapisan tooth keyboard. Hal ini menyebabkan keyboard tidak bisa bekerja. Maka bersihkanlah keyboard tersebut. Ketika membersihkannya juga hati-hati.

Cara membersihkan keyboard yang benar adalah dengan memiringkan laptop 75 derajat dan di goyang-goyangkan perlahan. Lalu bersihkan debu yang masih menempel dengan kuas kecil. Bisa juga menggunakan isolasi kecil. Semua debu yang menempel ini nantinya akan menempel pada isolasi yang digunakan.

4. Cek Driver Keyboard

Drive adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan antara hardware ke sistem OS. Salah satu hardware yang dimaksud adalah keyboard. Dengan adanya Drive ini perintah yang di input melalui keyboard bisa terlihat di monitor. Namun, jika Drive bermasalah maka proses input data akan terganggu.

Beberapa gejala yang akan muncul ketika terjadi kerusakan diver antara lain, karakter yang muncul tidak sesuai dengan yang di input. Tulisan loncat-loncat, tombol tidak responsif atau bahkan keyboard tidak berfungsi sama sekali.  Jika ingin memeriksa driver keyboard berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Buka windows start yang berada di pojok kiri bawah laptop
  • Pilih menu control panel
  • Klik fitur system and security
  • Periksa link device manage
  • Jika muncul tanda seru kuning atau tidak ditemukan Drive keyboard maka berarti Drive itu belum terinstal.

5. Perbaiki Windows

Jika cara mengatasi keyboard laptop error sudah dilakukan semuanya. Maka bisa jadi windows yang digunakan perlu diperbaiki. Namun cara ini menjadi langkah terakhir sehingga harus diperhatikan dengan hati-hati. Atau bisa juga abaikan pilihan ini, jangan lakukan install ulang laptop terlebih dahulu.

Itulah cara mengatasi keyboard laptop error yang bisa diikuti. Apabila masih ada kendala, sebaiknya konsultasi dahulu kepada teknisi laptop yang berpengalaman. Hal ini jika semua cara mengatasi keyboard laptop eror tadi belum juga berhasil.

TRENDING:  Ingin Tahu Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense Beginilah Caranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.