cara cek touchscreen

Cara Cek Touchscreen untuk Mengetahui Perfoma Ponsel

Bagi pengguna Android, touchscreen adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah ponsel. Jenis layar seperti ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Pengguna tak perlu khawatir, cara cek touchscreen bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Apabila terdapat masalah pada touchscreen ponsel, maka hal tersebut akan mengganggu aktivitas penggunaan ponsel. Cara yang bisa dijalankan untuk mengetahui touchscreen bekerja baik yaitu dengan melakukan pengecekan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengecek touchscreen ponsel, antara lain:

Menggunakan Kode Pada Dial Pad

Penggunaan dial pad pada ponsel, tentu tak hanya berfungsi untuk menekan nomor panggilan saja. Terdapat fungsi lain pada dial pad yang jarang diketahui oleh beberapa pengguna. Seperti penjelasan singkat berikut ini tentang penggunaan dial pad untuk mengecek touchscreen, yaitu:

1. Menekan Kode

Awalnya pengguna membuka dial pad yang ada pada ponsel. Cara yang akan dilakukan, hampir sama seperti akan mengecek pulsa pada ponsel. Lalu pengguna bisa mulai untuk menggunakan cara cek touchscreen, yaitu dengan menekan kode pada dial pad.

Kode yang akan digunakan adalah *#0*#* atau bisa juga menekan kode #*#0*#*#*. Kode tersebut bisa berfungsi pada berbagai jenis ponsel Android yang akan digunakan. Tapi, pastikan ketika memasukkan kode tidak salah.

2. Mengecek Touchscreen

Ketika pengguna sudah menekan kode tersebut, maka akan muncul beberapa menu. Menu tersebut merupakan beberapa fungsi umum yang ada pada ponsel, salah satunya touchscreen. Pengguna bisa memilih menu touchscreen untuk mulai mengecek kondisi touchscreen.

Setelah menu tersebut dipilih, pengguna bisa mulai untuk melakukan pengecekan. Pengecekan bisa dilakukan sesuai dengan keinginan pengguna, bisa dengan cara menguji sensitif atau tidak pada setiap bagian di layar. Biasanya sering muncul masalah pada bagian pinggir layar atau juga sudut layar ponsel.

TRENDING:  Inilah Rekomendasi Wifi yang Cocok Untuk Daerah Terpencil

Menggunakan Aplikasi

Bagi pengguna Android, tentunya memiliki pilihan lain selain dengan menggunakan dial pad. Cara lainnya bisa dengan bantuan aplikasi yang ada pada Google Play Store dan dapat diunduh tanpa perlu membayarnya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Mengunduh Aplikasi di Google Play Store

Pengguna dapat membuka Google Play Store dan mencari pada kolom pencarian. Pastinya tersedia banyak aplikasi yang direkomendasikan oleh Google Play Store. Unduh aplikasi yang tidak terlalu memakan banyak ruang penyimpanan pada ponsel nantinya. Pengguna juga bisa menyesuaikan kebutuhan aplikasi yang akan diunduhnya.

Apabila pengguna hanya akan mengunduh untuk melakukan pengecekan pada touchscreen, cukup unduh aplikasi seperti touchscreen test. Memiliki fungsi utama untuk mengecek touchscreen, namun beberapa aplikasi juga bisa digunakan untuk mengecek fungsi ponsel yang lainnya.

2. Membuka Aplikasi

Setelah aplikasi berhasil diunduh dan terpasang pada ponsel, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut. Aplikasi seperti ini biasanya tak perlu melakukan registrasi bagi pengguna yang baru memakai aplikasi. Pengguna bisa langsung masuk ke tampilan awal aplikasi dan memilih menu lainnya. Pengguna juga bisa langsung melakukan pengecekan pada touchscreen yang akan diuji performanya.

3. Mengecek Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya, pengguna bisa mulai melakukan pengecekan dengan cara menekan tombol start test yang ada pada aplikasi. Pengguna juga bisa menyesuaikan hal-hal yang akan diperiksa saat melakukan pengecekan pada touchscreen.

Pengecekan dapat berupa tingkat sensitif touchscreen, seberapa cepat layar merespon sentuhan penggunanya. Pengguna juga bisa mengecek layar ponsel berfungsi dengan baik atau tidak, dengan cara menyentuh pada setiap bagian layar.

Demikian cara cek touchscreen dengan mudah melalui ponsel masing yang dipakai. Terutama bagi pengguna Android. Apalagi tak sedikit aplikasi yang terdapat di Google Play Store yang mampu membantu dalam pengecekan fungsi touchscreen. Sebaiknya segera mengganti apabila terjadi masalah pada touchscreen, untuk kenyamanan pada saat menggunakan ponsel.

TRENDING:  5 Aplikasi Untuk Menghitung Jarak Lari Guna Mengukur Kecepatan Berlari

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.