Cara mengetahui pengguna WiFi indohome

Cara Mengetahui Pengguna WiFi Indihome pada PC dan Smartphone dengan Mudah

Apabila WiFi di rumah digunakan sebagai bisnis, pasti akan jadi lebih mudah memantau siapa saja yang ikut mengakses WiFi tersebut. Tema tulisan kali ini adalah bagaimana cara mengetahui pengguna WiFi Indihome dengan mudah. Jadi, bisa mengetahui siapa saja yang ikut mengakses jaringan WiFi yang ada di rumah.

Saat ini memang banyak sekali orang-orang cerdas, namun sayangnya banyak yang digunakan untuk hal buruk, seperti membobol password WiFi agar dapat gratisan misalnya. Hal-hal seperti itu pasti akan sangat merugikan sekali bukan? Oleh karena itu, WiFi perlu dipantau untuk meminimalisir hal tersebut. Berikut adalah cara mengetahui siapa saja pengguna WiFi di rumah:

1. Aplikasi Tp- link

Cara mengetahui pengguna WiFi Indihome yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Tp- link ini. Langkah pertama pastikan sudah memiliki aplikasi tersebut atau unduh di play store. Pastikan sudah terpasang, kemudian login dengan username yang terdapat di bawah perangkat. Kemudian klik router yang terdeteksi. Setelah berhasil, akan muncul tampilan berupa status wireles. Klik menu clients, maka akan menampilkan semua perangkat yang terhubung.

2. Menggunakan Baris Perintah CMD

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan baris perintah CMD ini. Untuk menggunakan baris perintah ini mungkin akan sedikit lebih sulit dari cara sebelumnya bagi orang awam. Jika sudah paham dengan kode-kode pada baris perintah di windows cara ini juga termasuk mudah.

Pengguna dapat menekan ikon windows+R di PC/laptop. Lalu, langsung ketik CMD pada kolom pencarian di bagian kiri bawah. Setelah itu, maka akan langsung muncul kolom perintah CMD. Kemudian ketik net view pada kolom perintah CMD tadi. Langkah berikutnya ketik arp-a. Selanjutnya akan ditampilkan halaman di mana dapat melihat siapa saja yang ikut mengakses WiFi dirumah. Cara yang sulit namun lebih praktis.

TRENDING:  Cara Ganti Foto Playlist Spotify di HP Android Maupun IOS dengan Mudah

3. Indihome Fiberhome

Cara yang ketiga adalah apabila jenisnya merupakan Indihome fiberhome, maka caranya akan berbeda dari cara sebelumnya. Pada modem ini tampilannya juga akan berbeda dengan modem Huawei/ZTE. Tentunya pengguna harus melakukan login terlebih dahulu pada halaman admin.

Pengguna harus masuk lebih dulu pada browser, kemudian buka IP Address default modem fiberhome 192.168.100.1.1. Isi data untuk login ke default modem fiberhome. Jika sudah login, masuk pada halaman administrator, klik status> wireless status> WiFi clients list. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka akan langsung ditampilkan halaman di mana dapat melihat siapa saja yang terhubung dengan WiFi di rumah.

4. Software – Advance IP Scanner pada Android

Bisa juga melalui perangkat lunak software advance IP scanner untuk melihat siapa saja yang terhubung dengan WiFi. Selain menawarkan tampilan yang sederhana, software ini juga memiliki beberapa fitur seperti memindai alamat IP dengan mudah. Pengguna juga hanya perlu memasukkan alamat IP untuk dapat mengakses aplikasi ini sepenuhnya.

5. Fing – Android

Cara mengetahui pengguna WiFi Indihome selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bernama fing pada hp android. Dengan fing ini pengguna harus terlebih dulu terkoneksi dengan WiFi. Kemudian scan jika sudah selesai, pengguna akan langsung dapat melihat siapa saja yang menyambung WiFi di rumah. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur lain selain kegunaan di atas.

Itulah cara mengetahui pengguna WiFi Indihome yang dapat dijalankan melalui smartphone maupun PC. Tentunya cara diatas dapat dicoba dan pastinya mudah. Pembobol WiFi memang terkadang perlu diberi pelajaran agar tidak menggunakan WiFi seenaknya saja. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui dan memperingati pengguna WiFi yang tidak meminta izin terlebih dahulu.

TRENDING:  Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot dengan Mudah4. Cara Setting Windows 10 Agar Tidak Lemot dengan Mudah

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.