Cara menggabungkan file pdf di laptop

Keren! Inilah 5 Cara Menggabungkan File Pdf di Laptop dengan Mudah

File yang sering disebut dengan pdf merupakan sebuah singkatan dari kata portable document format juga merupakan bentuk berkas yang dikembangkan oleh Adobe systems. Kali ini akan membahas cara menggabungkan file pdf di laptop. Pdf sendiri merupakan format yang dapat menampilkan file 2D bisa berupa teks, gambar ataupun grafik. Hanya saja untuk mengedit file pdf ini terbilang cukup rumit.

Menggabungkan file pdf ini memiliki banyak cara serta macamnya mulai dari yang online maupun offline. Kegiatan ini sering dilakukan untuk memudahkan pemberkasan dan memudahkan saat mengirim. Tidak sedikit juga orang yang belum mengerti caranya menggabungkan file pdf. Untuk itu, simak ulasan tentang cara untuk menggabungkan file pdf berikut ini:

1. Foxit Reader

Cara menggabungkan file pdf di laptop yang pertama adalah menggunakan aplikasi foxit reader ini. Syarat pertama tentunya sudah memiliki aplikasi ini atau mengunduh terlebih dahulu. Buka aplikasinya, klik pilihan file, klik opsi create. Jika sudah, pilih multiple files dan tunggu beberapa saat karena sedang memproses. Nanti akan muncul centang langsung klik saja.

Apabila langkah tadi sudah dilakukan semua, maka akan muncul opsi add files langsung klik opsi tersebut. Langkah selanjutnya pilih file yang hendak digabungkan kemudian unggah. Edit sesuai keinginan, ketika sudah selesai klik convert pilih lokasi penyimpanan dan tersimpan.

2. Adobe Reader

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Adobe reader. Aplikasi ini dapat digunakan meskipun saat sedang offline. Buka aplikasi tersebut, klik tools di bagian kiri, pilih combine files, lalu add files. Kemudian pilih file yang akan digabungkan. Jika sudah, klik combine dan tunggu beberapa saat. Saat proses sudah selesai, pilih penyimpanan dan klik file size kemudian save as dan ok.

TRENDING:  Sebutan Istilah Penting Dalam Blogging Beserta Artinya

3. Adobe Acrobat

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe systems ini selain untuk mengedit, juga dapat membuat pdf nya sendiri. Ketika mengunduh aplikasi ini pilih dengan versi pro atau standard jangan unduh yang versi trial. Buka aplikasi tersebut, klik create pada toolbar utama, buka create PDF atau view. Kemudian klik task dan dilanjutkan pilih show all task buttons.

Jika sudah selesai, klik tulisan combine pada create. Kemudian pilih browse, lalu pilih file yang akan digabungkan kemudian klik ok dan edit sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai, klik combine files kemudian ok. Pilih tempat penyimpanan, save as lalu beri nama yang diinginkan.

4. Nitro Pdf

Cara menggabungkan file pdf di laptop yang keempat yaitu dengan memakai aplikasi nitro pdf. Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dengan versi trial. Nitro ini merupakan aplikasi berbayar namun memberi kesempatan bagi penggunanya menikmati aplikasi secara gratis sebagai masa percobaan selama 2 minggu.

Sebelumnya, pindahkan terlebih dahulu file tersebut kedalam satu folder agar tidak kebingungan mencari nantinya. Buka aplikasi di laptop dan pilih file yang akan digabungkan menjadi satu pada folder tempat file tadi dipindahkan. Lalu, klik combine files on nitro pdf. Edit dan sesuaikan ketika akan menyimpan klik save pdf to.. (tempat penyimpanan) kemudian klik create.

5. Smallpdf.com

Cara yang terakhir adalah dengan melalui website smallpdf.com yang dapat dijangkau menggunakan laptop. Buka website tersebut pada browser, pilih file yang akan digabungkan seret file tersebut ke dalam jendela berwarna abu-abu yang terdapat tulisan drop pdf here. Atur dan edit sesuai keinginan, jika sudah klik merge pdf dan download file tersebut apabila akan menyimpannya.

TRENDING:  5 Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Terbaik 2021

Itulah cara menggabungkan file pdf di laptop yang dapat dilakukan dengan mudah. Pilih beberapa cara diatas yang sekiranya pengguna dapat mengaplikasikannya. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah menggabungkan file pdf menjadi satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.