Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus

Wow! Ini 5 Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus Hanya dengan Mudah

Dengan ponsel pintar/smartphone yang dulu jarak terasa jauh, dengan ponsel sekarang bisa menjadi dekat. Dengan memiliki nomor kontaknya, sudah bisa berbicara, berkirim pesan maupun melakukan panggilan video call. Terkadang ada saja kendala seperti nomor kontak terhapus, entah secara sengaja maupun tidak namun pastinya itu akan menyulitkan. Meski begitu ada cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus yang dapat dilakukan.

Menyimpan nomor alangkah baiknya tidak hanya menyimpan pada memori internal saja, jadi sewaktu-waktu ponsel rusak atau sebagainya masih menyimpan nomor kontak pada memori sim card. Ketika nomor kontak terhapus tidak perlu panik, sebab di sini akan di jelaskan beberapa cara dan saran agar nomor yang terhapus dapat kembali. Berikut cara yang harus dilakukan untuk mengembalikan nomor yang terhapus:

1. Riwayat Panggilan

Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus pertama adalah dengan mengecek pada riwayat panggilan. Pasti semua ponsel memiliki fitur ini bukan? Cara paling mudah yang harus dilakukan adalah dengan menelusuri riwayat panggilan. Pertama, pengguna harus masuk pada aplikasi telepon.

Selanjutnya di sana akan terlihat nomor-nomor yang baru saja tersimpan dan nomor yang pernah melakukan panggilan. Apabila pengguna belum pernah menghapus file sampah seperti ini, maka bisa dipastikan jika nomor tersebut masih ada meskipun sudah menghapusnya pada kontak. Jika nomor tersebut sudah ditemukan bisa langsung melakukan panggilan atau mengirim pesan agar nomor tersebut dapat disimpan lagi.

2. Restore Contact

Selanjutnya ada cara lain untuk mengembalikan nomor kontak yang terhapus yakni dengan memanfaatkan aplikasi bernama Restore contact ini. Sebenarnya ada banyak macam aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan nomor kontak yang terhapus, namun kali ini menyarankan dengan menggunakan restore contact ini.

TRENDING:  Berikut 3 Cara Ganti IP Komputer dan Pengertiannya!

Aplikasi ini hanya membutuhkan ruang sebesar 1.7 MB saja, jadi unduh aplikasi tersebut pada play store. Kemudian login pada aplikasi tersebut, jika sudah aplikasi ini akan melakukan scanning sebagai cara mencari nomor kontak yang terhapus. Berikutnya akan muncul halaman di mana terlihat beberapa nomor kontak yang terhapus. Klik nomor yang dituju, kemudian klik restore agar nomor tersebut kembali tersimpan.

3. Google Contact

Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus selanjutnya adalah dengan menggunakan google contact. Sama seperti sebelumnya, bisa saja pengguna secara tidak sengaja sudah mencadangkan nomor kontak pada google contact yang terhubung dengan email ponsel tersebut. Buka aplikasi google chrome, ketik google contact pada kolom pencarian.

Langkah selanjutnya aktifkan situs desktop pada pengaturan titik tiga di bagian atas sebelah kanan, agar seperti menggunakan layar PC. Login dengan akun email yang digunakan pada ponsel tersebut, jika beruntung maka akan langsung diperlihatkan nomor-nomor yang terhapus tadi. Klik menu pengaturan agar menu lainnya muncul, klik menu urungkan perubahan, atur recover nomor kontak tersebut pada waktu sebelum nomor tersebut dihapus.

Meski begitu, pengguna masih harus memulihkan akun google terlebih dahulu dengan email tadi. Tujuannya agar data yang sudah di recovery dapat dibaca kembali. Klik pengaturan, klik menu akun google pada pengaturan tersebut, ketuk email yang sudah di recover tadi. Klik memulihkan & menyimpan setelah itu klik pulihkan kontak.

4. Fitur Kontak

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur yang tersedia pada aplikasi kontak. Klik aplikasi kontak, klik pada pengaturan titik tiga di bagian atas sebelah kanan, lalu pilih menu sampah. Pada menu ini biasanya akan menyiapkan kontak yang sebelumnya dihapus dengan jangka beberapa hari sebelum dihapus secara permanen. Kemudian klik nomor yang dimaksud. Lalu pulihkan, maka nomor tersebut akan tersimpan kembali. Sayangnya, tidak semua ponsel memiliki fitur ini.

TRENDING:  Aplikasi Kamera Tembus Pandang Siap Download

5. Meminta bantuan

Cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus selanjutnya adalah dengan meminta bantuan kepada teman. Ini bisa menjadi cara utama jika tidak ingin ribet dengan segala cara di atas. Bisa juga menjadi cara paling terakhir jika dengan cara di atas masih tidak menemukan nomor tersebut. Meminta kembali nomor tersebut pada teman yang sama-sama mengenal pemilik nomor tersebut merupakan cara paling sederhana.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan nomor kontak yang terhapus. Beberapa cara di atas semuanya dapat dilakukan menggunakan ponsel maupun smartphone. Alangkah baiknya nomor juga di cadangan pada google contact, dan menyimpannya di memori sim card untuk berjaga jaga-jaga. Jadi, tidak hanya menyimpan di satu tempat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.