cara mengatasi flashdisk shortcut

Cara Mengatasi Flashdisk Shortcut Dengan Mudah

Terjadinya flashdisk shortcut biasanya terjadi karena munculnya sebuah virus yang bisa mengubah data hingga menghilangkan data tersebut. Kebanyakan pengguna mengetahuinya sebagai virus shortcut yang ada pada flashdisk dan virus ini termasuk dalam kategori malware. Ada cara mengatasi flashdisk shortcut tanpa harus mengeluarkan ongkos dalam jumlah besar.

Semua data yang ada pada flashdisk akan diubah menjadi shortcut sehingga pengguna tidak bisa membuka dokumen tersebut. Flashdisk adalah tempat penyimpanan yang sangat dibutuhkan banyak orang untuk menyimpan gambar, dokumen, dll. Langsung saja cara mengatasi flashdisk shortcut dengan mudah, berikut ini:

1. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Pengguna bisa menggunakan command prompt yang ada pada komputer dengan melakukan pencarian di kolom search. Ketika pengguna sudah menemukan software MMD selanjutnya buka dan tunggu beberapa saat. CMD yang sudah terbuka dapat digunakan langsung oleh pengguna dengan mengetikkan attrib –s –h –r /s /d langsung enter.

Setelah itu pengguna langsung membuka flash disk yang sudah terpasang di komponen PC. Akan ada folder tanpa nama yang bisa dibuka oleh pengguna dan di sana akan terlihat file yang telah hilang atau tersembunyi selama ini.

2. Menggunakan EaseUs Data Recovery

EaseUs Data Recovery merupakan sebuah aplikasi yang bisa mengembalikan atau memperlihatkan file yang hilang akibat shortcut. Pertama-tama pengguna dapat mendownload aplikasinya melalui browser dengan mengetikkan nama aplikasi tersebut. Setelah berhasil didownload maka pengguna bisa membukanya.

Jika aplikasi sudah terbuka maka pengguna bisa memilih drive untuk membaca flashdisk. Waktu scanning cukup memakan waktu  karena mengembalikan dan menampilkan kembali dokumen dari flashdisk yang lumayan banyak.

3. Menggunakan Metode Format

Sebelum melakukan metode format pastikan pengguna sudah mengembalikan file terlebih dahulu dengan cara sebelumnya. Adanya metode format ini bisa membuat virus shortcut yang ada di flashdisk hilang secara permanen. Perhatikan pengguna sudah memasangkan flashdisk ke komponen PC dan kemudian buka pada file yang tersedia di PC.

TRENDING:  Cara Mengganti Usia di YouTube di Komputer dan HP

Setelah itu Klik Kanan pada drive flashdisk dan pilih opsi format yang akan menampilkan beberapa informasi penting. Pengguna akan melihat kolom kosong yang dapat memilih jenis format tersebut dan pilih FAT32. Checklist quick format dan klik start kemudian pengguna bisa menunggu hingga selesai maka shortcut akan hilang dari flashdisk.

4. Menggunakan HDD Low Level Format

Selanjutnya ada cara mengatasi flashdisk shortcut dengan mudah yaitu menggunakan aplikasi hdd low level format. Aplikasi ini dapat didownload melalui browser kemudian jalankan di komputer. Buka aplikasi tersebut setelah memasangkan flashdisk pada perangkat dan akan ada pilihan USB sehingga bisa diformat secara keseluruhan.

Penggunaan dengan aplikasi ini lebih akurat dibandingkan dengan metode format tanpa aplikasi. Pastikan pengguna memilih versi terbaru dari aplikasi tersebut agar lebih lancar dalam mengatasi shortcut pada flashdisk.

5. Menggunakan Antivirus

Anti-virus harus tersedia di komputer untuk menjaga perangkat dari malware yang berbahaya. Biasanya setiap komputer memiliki anti-virus bawaan yang terpercaya. Sambungkan flashdisk ke komponen komputer kemudian bisa membuka software anti-virus tersebut. Melakukan scanning khusus untuk flashdisk agar shortcut bisa hilang.

Ada banyak anti-virus yang bisa digunakan pengguna untuk menghilangkan shortcut dan malware. Setelah proses scanning selesai maka pengguna bisa melihat kondisi flashdisk yang sudah memiliki dokumen yang terkena shortcut.

Itulah beberapa cara mengatasi flashdisk shortcut yang dapat dilakukan dengan mudah. Shortcut merupakan sebuah virus yang bisa menyerang flashdisk dan juga perangkat pengguna. Untuk mengatasinya hingga ke akar pengguna bisa mengikuti cara di atas dengan baik. Jenis shortcut ada dua yaitu menghilangkan data dan tidak menghilangkan data.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.