cara mengatasi sinyal 4g tidak muncul

6 Cara Mengatasi sinyal 4G Tidak Muncul pada Smartphone

Sinyal hilang saat digunakan bisa terjadi kapanpun. Permasalahan yang satu ini memang bukan masalah yang serius namun tak bisa dibiarkan begitu saja. Sinyal 4G yang sering hilang ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun tak perlu risau karena ada cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone dengan mudah.

1. Pastikan Smartphone yang Digunakan Mendukung Jaringan 4G

Jika lokasi pengguna sudah tercover dengan jaringan 4G namun sinyal 4G masih belum muncul pada smartphone, bisa jadi penyebabnya ada pada smartphone itu sendiri. Meskipun zaman sekarang smartphone sudah memiliki teknologi yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan masih ada yg menggunakan smartphone dengan jaringan 3G atau 2G. Jika demikian tidak ada cara lain selain mengganti smartphone.

2. Mengganti Kartu SIM ke 4G

Selain karena smartphone yang digunakan, kartu SIM yang dipakai pengguna juga mempengaruhi muncul atau tidaknya sinyal 4G. Sebagai pengguna kartu lama jaringan yang mendukung hanya 2G dan 3G, sehingga pengguna kartu ini tidak dapat menggunakan jaringan 4G. Dengan demikian tentu saja sinyal 4G tidak akan muncul pada smartphone.

Untuk mengatasinya pengguna harus mengganti kartu tersebut dengan kartu 4G. Pengguna bisa membeli kartu SIM baru di konter terdekat. Namun jika pengguna tidak mau mengganti nomor yang digunakan, pengguna bisa mengganti nomor yang digunakan menjadi 4G di gerai resmi operator yang digunakan.

3. Memeriksa Pengaturan pada Smartphone

Jika pengguna tidak mengalami dua masalah di atas, namun sinyal 4G belum muncul coba periksa pengaturan jaringan pada smartphone. Pada konfigurasi jaringan pilih opsi LTE. Setelah memeriksa konfigurasi jaringan yang tepat, matikan data seluler dan periksa apakah sinyal 4G sudah dapat tersambung di smartphone atau belum.

TRENDING:  Inilah Cara Menyambung WiFi di Laptop dengan Mudah

4. Menyalakan Mode Pesawat

Ketika sinyal 4G tiba-tiba tidak muncul bisa jadi karena jaringan sedang tidak stabil. Pengguna dapat menyalakan mode pesawat untuk beberapa saat kemudian mematikannya lagi. Cara ini dilakukan agar ponsel mereset ulang jaringan yang digunakan, sehingga sinyal 4 dapat muncul kembali.

5. Mencari Posisi yang Pas

Sinyal 4G yang tidak muncul bisa jadi karena di daerah pengguna keberadaan sinyal 4G belum menyeluruh. Untuk itu agar sinyal 4G muncul pada smartphone, pengguna bisa mencari tempat yang terdapat jaringan 4G. Posisi sangat menentukan kekuatan sinyal dan jaringan, sehingga untuk mengatasinya pengguna bisa mencari tempat yang mempunyai sinyal 4G kuat.

6. Restart Smartphone

Cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone dapat diatasi dengan merestart smartphone. Cara ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone, seperti aplikasi macet, nge-lag bahkan sinyal hilang. Apabila sinyal 4G tidak muncul secara tiba-tiba pengguna bisa mencoba untuk me-restart ulang smartphone yang dimiliki.

7. Mengembalikan Setelah Pabrik

Jika setelah disetting sendiri namun sinyal 4G masih belum muncul, cara yang satu ini dapat menjadi alternatif lain.  Tidak munculnya sinyal 4G dapat disebabkan oleh adanya kesalahan pada smartphone atau bahkan terkena virus.  Dengan menyetel ulang smartphone ke setelan pabrik dapat membantu ponsel mengatasi kesalahan pada pengaturan maupun cache yang ada pada smartphone.

Itu tadi 6 cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul pada smartphone yang dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun perkembangan jaringan internet sudah mencapai 5G sebagian masyarakat bahkan masih belum bisa mengakses jaringan 4G. Untuk jaringan 4G yang tidak muncul dapat menggunakan cara-cara di atas.

Daftar Isi

TRENDING:  Aplikasi Penjawab Soal Semua Pelajaran Offline untuk Memperoleh Nilai Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.