cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android

Tak Perlu Risau Ini Dia 2 Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android

Tak dipungkiri jika kini Whatsapp menjadi aplikasi yang banyak digunakan. Tidak heran jika aplikasi ini digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Namun ada kalanya pengguna harus menghapus aplikasi ini karena beberapa hal. Untuk bisa menggunakannya kembali berikut ini cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android:

Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus

Ketika mengalami masalah pada ponsel seperti penyimpanan penuh maka pengguna akan menghapus sebagian file atau aplikasi dan bisa jadi aplikasi Whatsapp ikut terhapus. Untuk mengatasinya selain mendownload ulang melalui Play Store tentunya ada cara lain yang bisa dilakukan. Secara keseluruhan ini dia cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android:

1. Mengunduh Ulang Melalui Play Store

Untuk mendapatkan aplikasi, pengguna android dapat mengunduhnya langsung secara resmi melalui Play Store. Ketika pengguna tidak sengaja menghapus aplikasi Whatsapp atau sengaja menghapusnya karena alasan tertentu, cara mengembalikan aplikasi tersebut adalah mengunduhnya kembali. Untuk mengunduh aplikasi dari Play Store pastikan bahwa pengguna masih mempunyai ruang penyimpanan yang cukup.

2. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi ini dapat mendeteksi aplikasi atau file yang hilang di Android, sehingga jika terhapusnya aplikasi ini bukan karena kesengajaan, pengguna dapat mengembalikannya dengan aplikasi Dumpster. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Dumpster. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga aplikasi mendeteksi adanya file atau aplikasi yang terhapus.

Setelah Whatsapp terdeteksi ketuk pasang untuk kembali memasangkan aplikasi seperti semula. Selain menemukan aplikasi yang terhapus, pengguna juga dapat menggunakannya untuk menemukan berbagai file yang terhapus. Dengan demikian pengguna dapat mengetahui file yang hilang atau yang tanpa sengaja terhapus dan mengembalikannya seperti semula.

TRENDING:  Gunakan 5 Aplikasi Recording Audio PC Ini Untuk Hasil Layaknya Profesional

Memulihkan Chat yang Hilang Setelah Instal Ulang

Cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android dapat dilakukan dengan menginstal ulang. Tentunya pengguna tidak ingin kehilangan data yang dimiliki sebelumnya. Chat penting yang ada tentu sangat sayang jika hilang. Untuk mengembalikan chat tersebut, aplikasi Whatsapp sudah menyediakan fitur back up yang memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan data yang dimiliki. Berikut ini cara mengembalikan chat Whatsapp yang hilang:

1. Memulihkan Chat Dari Google Drive

Setelah menginstal ulang aplikasi Whatsapp pengguna akan diberi pilihan untuk memulihkan chat. Jika sebelumnya pengguna telah mencadangkan pesan ke Google Drive maka pilih Google Drive dan ketuk pulihkan. Tunggu hingga proses pemulihan chat berlangsung, maka setelah itu semua chat pengguna akan kembali ditampilkan di room chat.

2. Memulihkan Chat Melalui Cadangan Lokal

Jika tidak mencadangkan pesan ke Google Drive, secara otomatis aplikasi Whatsapp akan melakukan pencadangan yang disimpan di penyimpanan ponsel setiap pukul 2 dini hari. File pencadangan lokal dapat pengguna temukan pada penyimpanan internal ponsel. Berbeda dengan pencadangan Google Drive yang menyimpan semua chat. Pencadangan lokal hanya menyimpan chat terbaru saja dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

3. Menggunakan Manager File

Untuk memulihkan chat yang lebih lama, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi manager file. Semua data pada aplikasi Whatsapp disimpan pada database Whatsapp yang dapat ditemukan pada penyimpanan internal. Untuk memulihkannya pengguna harus mengubah nama file yang dicadangkan menjadi  msgstore.db.crypt12.

Itu tadi cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di android saat pengguna tidak sengaja atau sengaja menghapus aplikasi tersebut. Selain mengembalikan aplikasi tentu pengguna tidak ingin kehilangan chat penting yang ada pada room chat Whatsapp bukan? Tenang saja karena Whatsapp telah menyediakan fitur untuk mengembalikan chat pengguna yang hilang.

TRENDING:  Aplikasi Bokeh Video Full Offline Online Gratis, Hasil Memukau!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.