cara membuat aplikasi android tanpa coding

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Melalui 5 Situs Berikut!

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, setiap orang berkesempatan menjadi developer. Berhenti menjadi pengguna saja, jadilah pencetus suatu aplikasi baru yang berguna. Namun, para developer pemula banyak yang kesulitan dalam coding. Pada dasarnya, cara membuat aplikasi Android tanpa coding pun bisa dilakukan, caranya yaitu:

1.   Appery.io

Pertama, developer bisa menggunakan Appery.io untuk membuat aplikasi tanpa coding. Keberadaannya tentu menjadi solusi dalam pembuatan aplikasi Android. Berbagai fitur yang disajikan bisa digunakan dengan sebaik mungkin.

Para pengguna bisa menikmati fitur backend service yang sudah terintegrasi dengan API plugin yang beragam. Proses pembuatan aplikasi bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat. Pasalnya, secara visual, situs ini didukung Java Script. Dalam pembuatannya, terdapat beberapa cara, yaitu:

  • Pemilihan template
  • Desain tampilan dengan melakukan drag & crop
  • Hubungkan antara database dan service pada aplikasi
  • Me-review aplikasi Android yang dibuat
  • Ciptakan aplikasi mobile dan lakukan Deploy Web Apps

Situs Appery menjadi salah satu tempat pembuatan aplikasi dengan user-nya mencapai 500.000. Inilah salah satu hal yang bisa dipertimbangkan untuk membuat aplikasi di situs terbaik. Pastikan untuk membuat aplikasi yang bermanfaat dan memenuhi kebutuhan mayoritas pengguna.

2.   AppMachine

Pembuatan aplikasi juga bisa dilakukan melalui AppMachine. Situs ini menjadi alternatif bagi para developer yang ingin membuat aplikasi tanpa coding. Aplikasi yang dibuat di App Machine tidak hanya memiliki support Android saja, melainkan iOS juga.

AppMachine bisa digunakan setelah para user melakukan login terlebih dahulu. Bagian antarmukanya didukung berbagai fitur yang menarik. Setiap pengguna bisa melakukan drag & drop serta kombinasi block building yang mempermudah pembuatan aplikasi.

Situs yang satu ini menyajikan fitur yang sangat beragam. Hanya saja setiap user tidak bisa menikmati secara keseluruhan jika tidak berlangganan bulanan. Untuk menikmati fitur, seperti plus blocks, live updates, dan semacamnya harus membayar 49$ per-bulannya.

TRENDING:  Wow! Ini 5 Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Terhapus Hanya dengan Mudah

3.   AppMakr

Situs lainnya yang bisa dicoba yaitu AppMakr. Fasilitas lainnya untuk para developer membuat aplikasi Android tanpa coding. Situs yang satu ini bisa dinikmati secara free. Hanya saja untuk para pengguna yang ingin menghilangkan iklan bisa membayar 1$ per-bulan.

AppMakr didukung dengan 14 bahasa internasional yang beragam, salah satunya bahasa Indonesia. Jadi, para developer Indonesia tidak perlu khawatir lagi untuk membuat aplikasi dengan panduan bahasa Indonesia. Hal ini tentunya akan memudahkan proses pembuatan.

Jika dilihat dari antarmuka yang disuguhkan, situs AppMakr memiliki desain yang sederhana. Hal ini akan memudahkan para pengguna untuk membuat aplikasi. Setiap pengguna bisa melakukan drag & drop secara mudah.

4.   MIT App Inventor

Alternatif lainnya untuk membuat aplikasi bisa melalui MIT App Inventor. Terobosan produk dari kampus teknologi ternama yang sukses menggaet jutaan user. Melalui MIT, para developer pemula bisa melakukan pembuatan aplikasi secara mudah.

Cara membuat aplikasi Android tanpa coding sangat simple, bisa dilakukan dengan drag & drop pallete. Selanjutnya, lakukan pengaturan komponen dengan mengakses menu properties. Setiap komponen tersusun seperti blok, sehingga disebut sebagai block based programming. Gunakan sesuai kebutuhan.

5.   Thunkable

Situs lainnya yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding yaitu Thunkable. Setiap pengguna bisa menikmati situs dengan tampilan yang menarik dan responsif. Tidak hanya itu, pembuatan bisa dilakukan dengan menerapkan sistem drag & drop block kode.

Thunkable disajikan secara spesial yakni bisa melakukan cross platform. Selain membuat aplikasi Android, setiap user bisa meng-export iOS secara langsung. Hal ini tentunya menjadi kemudahan bagi para developer dalam membuat aplikasi.

Demikianlah ulasan terkait cara membuat aplikasi Android tanpa coding. Pilihlah cara yang paling mudah dan paling dipahami,  sehingga dalam penerapannya lebih lancar. Gunakan tutorial terlebih dahulu untuk memahaminya lebih mendalam.

TRENDING:  Berikut 3 Cara Ganti IP Komputer dan Pengertiannya!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.