Cara mengatasi jaringan lemot Indosat

5 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Indosat yang Bisa Dilakukan

Di masa sekarang ini sinyal menjadi prioritas utama apalagi bagi pekerja maupun pelajar yang melakukan tugasnya secara WFH. Jika berada di desa mungkin hal seperti ini merupakan hal lumrah, beda lagi jika berada di area perkotaan, sebab seharusnya di kota sinyal mudah karena banyaknya tower sinyal. Meskipun begitu jika terjadi jaringan lemot jangan khawatir, sebab tema kali ini adalah cara mengatasi jaringan lemot Indosat.

Kartu Indosat juga memang banyak sekali penggunanya, meski harga yang ditawarkan tidak murah namun harganya dalam batas wajar. Selain itu, kartu perdana ini juga bisa digunakan pada ponsel tipe apa saja, tidak mengharuskan pada ponsel yang sudah 4G atau sebagainya. Jadi, semakin banyak saja penggunanya. Bagi pengguna kartu ini pasti pernah mengalami jaringan lemot dan berikut cara mengatasinya:

1. Hidupkan Mode Pesawat

Cara mengatasi jaringan lemot Indosat adalah dengan menghidupkan mode pesawat. Sebenarnya, cara ini tidak hanya berlaku pada jenis sinyal Indosat saja, namun berlaku untuk provider lainya juga. Ketika menyalakan mode pesawat, maka sistem jaringan akan melakukan reconnect jaringan, jadi akan memulai IP baru pada jaringan. Tunggu beberapa saat kemudian matikan kembali mode pesawatnya.

2. Restart Ponsel

Cara kedua adalah dengan merestart ponsel. Tujuannya tentu saja memperbaiki keadaan ponsel termasuk untuk perbaiki kualitas sinyal. Merestart ini sangat mudah dilakukan, data yang ada di dalamnya juga tidak akan hilang. Pengguna cukup tekan tombol power. Nantinya, akan ada beberapa opsi pilihan, tap restart atau mulai ulang. Tunggu beberapa saat dan ponsel sudah selesai di restart.

3. Mengatur APN

Setiap provider memiliki pengaturan APN nya sendiri-sendiri dan tentunya berbeda. Lalu untuk mengatasi susah sinyal, pengguna bisa mengatur APN provider tersebut. Biasanya Indosat menggunakan APN default berupa Indosatgprs. Tinggal ubah saja dari APN tersebut menggunakan APN provider lain, bisa juga menggunakan APN yang bisa digunakan pada semua provider, artinya tidak terkhusus provider Indosat saja.

TRENDING:  Rekomendasi Aplikasi untuk Menggandakan Aplikasi Pada Android

4. Matikan Ponsel

Cara mengatasi jaringan lemot Indosat nomor empat adalah dengan mematikan ponsel atau sekedar mendiamkannya sesaat. Apalagi jika ponsel memang sudah seharian belum pernah off sama sekali mungkin masalah sinyal tadi bisa disebabkan karena mesin ponsel yang sudah lelah. Dengan mematikan ponsel tentu merupakan cara yang efektif.

Jika jaringan lemot tadi terjadi di siang hari pengguna bisa matikan ponsel terlebih dahulu. Ketika sudah malam hari bisa aktifkan kembali ponsel tersebut, sebab kebanyakan saat malam hari sinyal akan lebih lancar. Hal ini karena, penggunaannya yang lebih sedikit dan tidak sebanyak pengguna seperti siang hari.

5. Mengatur Jaringan

Cara yang terakhir untuk mengatasi akan hal ini adalah dengan mengatur mode jaringan. Pada opsi mode jaringan pasti akan ada keterangan seperti 2G, 3G dan 4G pengguna bisa mengatur jaringan menggunakan selain jaringan yang lemot tadi. Akan lebih efektif jika pengguna mengaturnya menjadi mode otomatis, agar sinyal juga bisa langsung menyesuaikan kekuatan sinyal pada tempat tersebut.

Itu tadi ulasan mengenai cara mengatasi jaringan lemot Indosat yang dapat pengguna lakukan. Masalah seperti ini kadang memang membuat jengkel saja, bisa menghambat pekerjaan dan semacamnya. Jika dengan melakukan beberapa cara di atas masih saja belum bisa mengatasi masalah tersebut, coba cek apakah paket data masih tersedianya, sebab paket data yang tinggal sedikit bisa mengakibatkan lemot pada sinyal internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.