cara mengatasi youtube loading terus

Jangan Bingung Ini Dia Cara Mengatasi YouTube Loading Terus

Berdasarkan survei dari We Are Social pada januari 2021 YouTube menjadi platform hiburan yang banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Meski demikian pengguna YouTube seringkali mengalami situasi dimana YouTube loading terus dan berjalan lambat. Penyebabnya bisa beragam. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi YouTube loading terus menerus:

Cara Mengatasi YouTube Loading Terus

YouTube yang loading terus bisa disebabkan oleh adanya pemadaman YouTube. Hal ini biasa terjadi ketika terjadi pemeliharaan pada server YouTube sehingga pengguna tidak dapat mengakses YouTube untuk sementara. Cara mengatasi YouTube loading terus ini dapat digunakan jika penyebabnya adalah masalah-masalah lain diluar server YouTube, berikut ini cara-cara yang bisa pengguna gunakan:

1. Mengosongkan Ruang Penyimpanan Internal

Untuk menjalankan suatu aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Ruang penyimpanan internal yang penuh menyebabkan perangkat tidak mempunyai ruang untuk menyimpan file temporary dan cache dari aplikasi yang dijalankan. Hal tersebut akan berimbas pada aplikasi yang terhenti atau macet ketika digunakan.

Cara mengatasi YouTube loading terus karena penyimpanan yang penuh dapat diatasi dengan menghapus beberapa file yang tidak penting. Pengguna bisa mulai menghapus file-file sampah seperti cache yang tersimpan di penyimpanan internal. Selain itu jika memiliki ponsel yang penyimpanannya minim pengguna dapat menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak digunakan.

Cara ini efektif dilakukan agar ponsel mempunyai ruang untuk menjalankan aplikasi.  Dengan demikian aplikasi YouTube tidak akan terhenti atau buffering terus karena penyimpanan yang penuh.

2. Menghapus File Cache dan History yang Menumpuk

Ketika membuka YouTube dari browser, bisa jadi browser tersebut mempunyai banyak cache dan history yang menumpuk. Cache dan history yang menumpuk membuat beban kerja browser meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan aplikasi berjalan lebih lambat.

TRENDING:  Aplikasi untuk Membuka File Xlsx dengan Cepat dan Mudah

Bagi yang menggunakan browser untuk mengakses YouTube, coba periksa bagian history dan cache. File cache dan history yang menumpuk dapat memberatkan kinerja browser. Dengan demikian untuk mengatasinya pengguna dapat membersihkan file-file sampah dan history yang ada di browser untuk meringankan beban browser.

3. Menghapus Data YouTube

Selain cache yang menumpuk, data YouTube yang penuh juga membuat aplikasi YouTube susah untuk diakses. Terlalu banyak mendownload video offline dapat menyebabkan data YouTube menjadi penuh. Hal tersebut bisa menyebabkan YouTube tidak data diakses dan loading terus.

Selain file-file di atas, video yang tersimpan offline di aplikasi YouTube dapat menyebabkan kinerja YouTube menjadi lebih berat. Video tersimpan tersebut dapat menyebabkan data YouTube menjadi penuh sehingga aplikasi berjalan lambat. Untuk itu pengguna bisa mulai menghapus beberapa video yang tidak diperlukan lagi.

4. Koneksi Internet Buruk

Alasan lain yang sangat masuk akal terjadi adalah koneksi internet pengguna yang buruk. YouTube merupakan layanan aplikasi yang harus diakses menggunakan internet, sehingga ketika koneksi internet buruk maka layanan YouTube akan terhambat. Dengan demikian sangat mungkin jika YouTube loading terus dan tidak dapat digunakan untuk streaming maupun melakukan hal lain.

Dengan demikian pastikan bahwa koneksi internet pengguna tidak terganggu agar dapat mengakses YouTube dengan lancar. Jika menggunakan kartu SIM, gunakan jaringan internet yang lebih stabil di tempat tersebut. Misalkan daerah tersebut belum dapat menjangkau jaringan 4G yang stabil maka lebih baik gunakan jaringan 3G apabila lebih stabil.

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi YouTube loading terus yang bisa pengguna praktikan untuk mengatasi masalah loading lama di YouTube. Sebagai pengguna YouTube akses yang terhambat memang sangat tidak menyenangkan. Oleh karena itu pengguna dapat menggunakan cara di atas untuk apabila mengalami masalah serupa.

TRENDING:  Cara Mengganti Usia di YouTube di Komputer dan HP

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.