Cara mengatasi sinyal lemah

5 Cara Mengatasi Sinyal Lemah dengan Mudah yang Dapat Dilakukan

Di masa seperti sekarang ini sinyal merupakan sebuah kebutuhan wajib yang harus terpenuhi apalagi di masa yang semua dijalankan secara remote atau WFH pasti akan sangat kesulitan jika mengalami sinyal lemah. Meskipun banyak yang menawarkan sinyal kabel atau sering disebut dengan WiFi, namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan jaringan data seluler. Cara mengatasi sinyal lemah sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Hal ini perlu diketahui agar ketika terjadi masalah tersebut, bisa langsung mengatasinya dengan cepat. Sekarang ini hampir semua berbasis online seperti bercakap dan sebagainya, tentunya hal ini memerlukan sinyal yang memadai. Di bawah ini adalah langkah apa saja yang harus dilakukan ketika sinyal lemah:

1. Merestart Ponsel

Cara mengatasi sinyal lemah yang pertama adalah dengan merestart ponsel atau memulai ulang. Ikon seperti ini akan muncul ketika pengguna menekan tombol power on off. Cara kerja dari merestart itu sendiri adalah ponsel akan memperbaiki sistem di dalamnya. Saat merestart jaringan seluler akan terputus, ketika proses restart tadi sudah selesai, maka akan memulai jaringan sinyal baru dan sinyal akan lebih baik.

2. Pindah ke Tempat Terbuka

Untuk cara selanjutnya adalah dengan berpindah tempat barangkali koneksi internet di tempat lain lebih kuat. Pindah pada tempat terbuka juga lebih disarankan, karena lemahnya jaringan bisa saja disebabkannya terhalang tembok atau sebagainya. Lingkungan atau tempat terpelosok juga memungkinkan lemahnya sinyal, sebab jauhnya pemancar sinyal dari tempat tersebut.

3. Membersihkan Cache

Cara selanjutnya ketika sinyal lemah adalah dengan membersihkan berkas cache. Banyaknya sampah dan jarang sekali dibersihkan bisa berakibat pada ponsel yang lemot dan berimbas pada sinyal juga. Cache ini merupakan sampah yang tersembunyi namun memakai banyak sekali ruang penyimpanan.

TRENDING:  5 Aplikasi Menyusun Kalimat Bahasa Inggris yang Cocok untuk Belajar dengan Mudah

Cara ini memiliki fungsi hampir sama dengan poin satu yaitu memperbaiki kualitas ponsel dan jaringannya. Ketika hendak membersihkan cache, alangkah baiknya jika mematikan data seluler terlebih dahulu agar proses pembersihan dapat dilakukan lebih cepat. Untuk membersihkan cache bisa langsung buka setting dengan ikon bergerigi.

Pilih aplikasi dan berikan izinnya. Apabila belum muncul daftar berbagai aplikasi, tap pengelola aplikasi. Klik salah satu aplikasi, buka penyimpanan internal kemudian klik hapus cache. Lakukan secara berulang pada aplikasi lainya juga.

4. Nonaktifkan VPN

Cara mengatasi sinyal lemah yang keempat adalah dengan nonaktifkan fitur VPN. Banyak juga yang menggunakan fitur ini ketika sedang menjelajah sebuah web maupun media sosial. Padahal dengan fitur ini bisa membuat koneksi internet lambat, sebab pada saat itu sinyal akan lebih dulu memproses hal lain daripada langsung menuju pada platform yang sedang dikunjungi.

5. Melepaskan Kartu SIM

Apabila empat cara tadi masih belum bisa mengatasi masalah tersebut pengguna bisa mencoba untuk mencopot atau mengeluarkan kartu SIM terlebih dahulu. Memang cara ini bisa dibilang sedikit tidak masuk akal, namun banyak juga yang sudah berhasil dengan melakukan cara ini. Sesaat setelah dikeluarkan, bisa langsung pasang kembali kemudian hidupkan ponsel kembali setelah dipasang kembali kartunya.

Itulah cara mengatasi sinyal lemah yang bisa pengguna lakukan. Beberapa cara di atas dapat dilakukan jika pengguna mengalami sinyal yang lemah, sehingga menghambat pekerjaan. Pilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan keluhan atau bisa mencobanya satu per satu. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan kembali jaringan sinyal yang lebih kuat, sehingga pekerjaan atau kegiatan lain bisa berjalan dengan lancar.

TRENDING:  Begini Cara Cek Masa Aktif Voucher Telkomsel yang Benar

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.