cara mengatasi booting lama windows 10

 Cara Mengatasi Booting Lama Windows 10 dengan Ampuh

Permasalahan saat booting perangkat tentu akan sangat mengganggu. Perangkat yang membutuhkan waktu lama untuk booting menandakan ada masalah di perangkat tersebut. Beberapa cara mengatasi booting lama Windows 10 dapat dilakukan agar perangkat bisa berfungsi seperti semula. Cara tersebut bisa dilakukan tanpa harus melalui reset PC ke pengaturan pabrik.

Proses booting adalah proses menghidupkan perangkat komputer atau laptop sehingga bisa beroperasi sebagai mestinya. Booting yang terlalu lama atau bahkan muncul layar hitam tentu akan sangat mengganggu. Berikut cara mengatasi proses booting lama pada windows 10:

1. Cek Fitur Fast Startup

Perangkat komputer sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat mempercepat proses booting. Fitur Fast Startup umumnya akan mempercepat proses tersebut, tetapi pada beberapa kasus bisa memperlambat. Cara mengatasi booting lama Windows 10 yaitu dengan melihat fitur Fast Startup ini.

Fitur Fast Startup bisa saja dalam keadaan mati sehingga harus dihidupkan, jika dalam keadaan hidup harus dimatikan. Restart perangkat setelah melakukan pengecekan pada fitur ini. Bandingkan proses booting sebelum dan sesudah perubahan pengaturan fitur fast startup.

2. Kurangi Startup Program

Startup Program adalah program yang otomatis berjalan saat komputer dihidupkan. Lamanya proses booting bisa dikarenakan banyaknya startup program yang aktif. Buka Task Manager kemudian pilih tab Startup. Pilih program-program yang tidak diperlukan kemudian klik disable untuk menonaktifkan program tersebut. Restart perangkat jika selesai mengatur startup program.

3. Kurangi Durasi Boot Menu Time Out

Waktu booting pada perangkat bisa diatur untuk agar lebih cepat. Pengaturan default dari Windows untuk proses booting yaitu 30 detik. Durasi waktu tersebut bisa dikurangi menjadi 15 atau 10 detik. Masuk ke system startup untuk mengatur time to display ubah pengaturan waktu kemudian restart perangkat.

TRENDING:  Aplikasi Wajah Mirip Artis Paling Canggih yang Bisa Dicoba

4. Bersihkan File Sampah

Lambatnya proses booting Windows 10 bisa terjadi karena banyaknya sampah pada perangkat. Cache, thumbnail, temporary file dan file sampah lain harus dibersihkan untuk mempercepat booting dan juga menjaga kesehatan perangkat. Sampah-sampah tersebut bisa dibersihkan menggunakan aplikasi pembersih sampah yang dimiliki.

5. Update Driver Grafis

Proses booting lambat diikuti dengan black screen bisa disebabkan oleh kerusakan pada driver grafis perangkat. Update driver diperlukan untuk mengembalikan fungsi perangkat seperti semula. Download driver grafis versi terbaru sesuai dengan merk yang digunakan di perangkat. Fresh Install driver yang sudah di download agar driver lama terupdate ke driver terbaru.

6. Update Windows 10

Kadaluarsanya Windows yang digunakan bisa menjadi penyebab utama proses booting lambat. Program Windows memang membutuhkan update secara berkala untuk tetap menjaga kinerjanya. Update pada Windows bukan hanya mempercepat proses booting, tetapi juga secara otomatis akan memperbarui driver grafis yang digunakan.

Update Windows 10 tidak perlu dilakukan di service center. Pengguna bisa langsung mengupdate Windowsnya dengan versi terbaru secara mandiri. Pastikan koneksi internet cukup baik untuk mengupdate Windows tersebut. Klik menu setting yang ada pada start kemudian pilih menu update and setting. Klik tab Windows update untuk mengupdate Windows perangkat.

7. Reset PC

Pilihan terakhir dalam memperbaiki proses booting yang lama di windows 10 yaitu dengan mereset perangkat yang dimiliki. Cara ini digunakan jika semua cara tidak mampu mengatasi masalah booting lambat pada Windows 10. Reset PC menyebabkan hilangnya file-file dan juga aplikasi di PC. Pastikan sudah membackup file tersebut agar tidak kehilangan.

Booting lama pada Windows 10 bisa disebabkan oleh banyak hal. Berbagai cara mengatasi booting lama Windows 10 dapat dilakukan dengan melihat penyebab dari lamanya proses booting. Cara terakhir yaitu dengan mereset PC ke pengaturan pabrik untuk bisa mengembalikan fungsi PC seperti sedia kala.

TRENDING:  Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Melalui 5 Situs Berikut!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.