cara cek suhu laptop

Cara Cek Suhu Laptop Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi Termudah

Setiap laptop sudah dilengkapi dengan perangkat kipas dengan tujuan menghindari panas berlebihan pada laptop. Jika laptop yang digunakan sering panas bisa menyebabkan overheat, yang bisa membuat laptop mengalami kerusakan. Oleh karena itu penting bagi setiap pengguna untuk mengetahui cara cek suhu laptop agar bisa mengontrol suhu di laptop.

Jika merasa laptop sudah terlalu sering memiliki suhu yang tinggi, segera gunakan perangkat kipas tambahan. Untuk memeriksa suhu laptop ini terdapat dua cara, yaitu dengan bantuan aplikasi dan juga tanpa bantuan aplikasi. Pengguna bisa memilih salah satu cara sesuai kebutuhan, berikut ini penjelasan lebih lanjutnya:

Cara Cek Suhu di Laptop dengan Aplikasi

Suhu laptop harus selalu dicek terutama bagi pengguna yang sering bermain game laptop. Karena suhu laptop harus berada di suhu normal untuk menghindari terjadinya overheat. Cara cek suhu laptop yang pertama adalah dengan bantuan aplikasi. Dengan menggunakan tambahan aplikasi, pengguna bisa memeriksa suhu laptop dengan mudah, berikut rekomendasi aplikasinya:

1. CPU Thermometer

CPU Thermometer merupakan aplikasi cek suhu di laptop yang sangat ringan. Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 613 kb saja. Pada CPU Thermometer ini, pengguna bisa memeriksa clock speed, suhu laptop, CPU load, dan CPU powers.

Cara menggunakannya sederhana, pengguna cukup mengunduh aplikasi CPU Thermometer. Setelah diunduh buka aplikasi untuk di extract, setelah di extract, buka folder extract dan pilih aplikasi CPU Thermometer. Setelah CPU Thermometer terbuka maka akan ditampilkan suhu laptop.

2. CrystalDiskInfo

Aplikasi CrystalDiskInfo ini tidak hanya berfungsi untuk memeriksa suhu laptop, tapi juga bisa memeriksa kesehatan HDD dan SDD. Bagusnya lagi aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi jika suhu laptop sudah sangat panas dan berlebihan.

TRENDING:  Handphone yang Memiliki Fitur NFC Paling Canggih

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama-tama pengguna harus mengunduh aplikasi CrystalDiskInfo. Kemudian lakukan proses instalasi aplikasi tersebut. Setelah selesai segera buka aplikasi, maka akan ditampilkan informasi kesehatan laptop dan juga keadaan suhu laptop.

3. Coretemp

Jika ingin menggunakan aplikasi cek suhu laptop yang detail, Coretemp merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini akan menampilkan informasi suhu, beban dan frekuensi laptop di taskbar. Jika suhu laptop sudah sangat tinggi, maka akan ada notifikasi dan pemberitahuan program yang bisa diatur.

Cara menggunakannya pertama unduh aplikasi Coretemp. Setelah diunduh dan install, beberapa informasi dari Coretemp akan ditampilkan di taskbar. Pengguna bisa membuka aplikasi untuk melihat informasi detail setiap program.

Cara Cek Suhu di Laptop Tanpa Aplikasi

Cara kedua untuk cek suhu di laptop adalah tanpa bantuan aplikasi. Bagi pengguna yang merasa laptop yang digunakan sudah terlalu berat dan tidak ingin memenuhi memori pada laptop, bisa menggunakan Bios. Melalui Bios yang biasa digunakan untuk memeriksa informasi laptop ini juga bisa memeriksa suhu laptop. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan dan hidupkan kembali laptop atau restart
  • Tekan tombol F1+ESC+DEL bersamaan beberapa kali
  • Tampilan Bios akan muncul
  • Buka pengaturan hardware monitor
  • Liat suhu pada keterangan CPU Temperature

Selain suhu laptop, pada tampilan Bios pengguna juga bisa memeriksa kesehatan laptop, speed fan laptop dan beberapa informasi detail lainnya. Cara yang satu ini sangat sederhana dan bisa pengguna gunakan jika tidak suka menambah aplikasi tambahan yang kurang meyakinkan.

Itulah cara cek suhu laptop dengan bantuan aplikasi dan tanpa bantuan aplikasi. Dua cara ini sama-sama sederhana dan cukup akurat. Sebaiknya suhu pada laptop harus dicek secara berkala agar kondisi laptop tetap baik dan awet. Jika perlu gunakan kipas pendingin laptop agar kondisi laptop tetap stabil dan menghindari terjadinya overheat.

Daftar Isi

TRENDING:  6 Cara Mengatasi sinyal 4G Tidak Muncul pada Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published.