Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot

6 Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot dengan Mudah

Jika sinyal full, namun internet masih saja lemot kejadian ini pasti membuat sebagian orang merasa jengkel bukan?. Internet memang sudah menjadi suatu kebutuhan penting. Apalagi di saat-saat seperti ini banyak dari pekerjaan atau sekolah yang dilakukan secara WFH (Work From Home), internet yang lancar pasti sangat diharapkan. Jika internet lemot padahal sinyal full, kini sudah banyak cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot.

Sekarang memang sudah banyak yang menggunakan internet entah melalui WIFI atau sebagainya. Namun masih terbilang banyak juga yang tetap menggunakan data seluler. Bagi yang menggunakan data seluler pasti pernah atau bahkan sering mengalami yang namanya sinyal full tapi internet masih saja lemot. Jika ingin, berikut cara mengatasinya, simak ulasannya berikut ini:

1. Berpindah Tempat

Salah satu dari banyaknya cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot urutan pertama yaitu dengan berpindah tempat. Pasti ada yang sudah pernah melakukan cara ini bukan? Jika di tempat saat itu sinyal lemot, maka akan mencoba berpindah ke tempat lain atau di tempat terbuka.

Sinyal full namun internet lemot bisa disebabkan koneksi internet yang berhenti mendadak. Jadi, kemungkinan memerlukan beberapa saat untuk memulihkannya kembali. Untuk itu carilah tempat yang dirasa bisa menghantarkan sinyal internet lebih lancar.

2. Matikan Data Seluler Terlebih Dahulu

Cara selanjutnya adalah dengan mematikan data seluler terlebih dahulu beberapa saat, kemudian baru nyalakan kembali. Dengan melakukan cara tadi bisa membuat sinyal internet lebih kuat dan kecepatannya pun meningkat. Cara tersebut bisa dilakukan secara berulang sampai sinyal internet kembali stabil.

3. Menonaktifkan Ponsel

Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot yang berikutnya adalah dengan menonaktifkan ponsel beberapa saat. Ponsel juga butuh istirahat, sebagai kata istilahnya. Apabila dalam beberapa hari ponsel sama sekali tidak di nonaktifkan bisa menyebabkan ponsel menjadi lemot.

TRENDING:  Cara Ganti Akun Buzzbreak dengan Menggunakan Handphone

Hal itu tidak hanya berpengaruh pada sinyalnya saja, sebab gerakan atau sensitivitas ponsel juga bisa jadi lebih lambat. Untuk itu, penting untuk menonaktifkan ponsel dalam beberapa waktu. Minimal nonaktifkan ponsel selama 5 menit agar semua bug pada ponsel dapat teratasi.

4. Mengatur VPN

Meski VPN bukanlah sebagai penyebab utama, namun cara ini patut dicoba. Hal ini karena, banyak juga yang memanfaatkan VPN agar sinyal menjadi lancar. Meski begitu tidak ada salahnya jika mencoba mengecek dan mengaturnya. Coba untuk menghubungkan atau memutuskan sambungan VPN barangkali cara ini akan efektif bagi sinyal internet di ponsel pengguna.

5. Mengeluarkan SIM Card

Meski terbilang merepotkan, namun dengan cara mengeluarkan SIM card kemudian memasangnya kembali bisa menjadi cara selanjutnya untuk mengatasi sinyal internet lemot. Cara ini bisa dipraktekkan, sebab sudah banyak juga yang melakukan cara tersebut dan sinyal kembali stabil. Sistem kerja dari cara ini adalah jika ponsel dinonaktifkan dan SIM card dikeluarkannya maka otomatis sinyal akan terhenti. Jadi, ketika dipasang kembali sinyal akan kembali terhubung dan jaringannya akan diperbarui.

6. Mengubah Jaringan

Masih kurang dengan cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di atas? Cara selanjutnya dengan mengubah jaringan. Jika saat itu menggunakan jaringan 4G, maka ubah jaringan menjadi 3G ataupun sebaliknya.

Bisa juga dengan menetapkan hanya satu jenis jaringan. Tujuannya agar nantinya jaringan tidak berpindah-pindah. Mengubah 4G ke dalam jaringan 3G adalah karena jaringan 3G sudah tidak banyak yang menggunakannya. Jadi, cara ini bisa menjadi pilihan efektif saat pengguna mengalami kendala demikian.

Itulah tadi cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot pada ponsel yang dapat dipraktekkan. Merupakan sedikit dari banyaknya cara yang dapat dilakukan agar masalah ini teratasi. Pastikan juga SIM card masih memiliki kuota internet, sebab jika kuota internet telah habis ketika menyalakan data akan terlihat sinyal yang full namun tidak bisa digunakan dan ini kadang tidak disadari oleh pengguna.

TRENDING:  5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error yang Mudah Dilakukan Sendiri

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.