Cara mengatasi Google play store terhenti

5 Cara Mengatasi Google Play Store terhenti pada Ponsel

Bagi pengguna Android pasti pernah bukan, mendapat notifikasi yang berkata “sayangnya google play store telah berhenti”. Hal seperti ini pun biasanya tidak hanya terjadi pada play store saja. Ada beberapa penyebab hal ini yang mungkin terjadi dan bahkan setiap android pun bisa saja berbeda penyebabnya. Hal ini terjadi dikarenakan ruang penyimpanan sudah menipis. Cara mengatasi Google play store terhenti pun sebenarnya sangat mudah.

Masalah google play store berhenti ini kadang bisa juga terjadi sebab pengaturan waktu atau tanggal yang tidak sesuai. Bagi pengguna yang mengalami masalah ini kini tidak perlu lagi khawatir, sebab sudah ada berbagai cara dalam mengatasi hal seperti ini. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Merestart Ponsel

Cara mengatasi Google play store terhenti yang pertama adalah dengan merestart ponsel tersebut. Restart ini sebenarnya bertujuan agar memori pada sistem android di refresh atau diperbaharui. Cara untuk merefresh adalah dengan menekan tombol power. Tap tulisan restart atau mulai ulang. Tunggu beberapa saat dan jika sudah selesai, cobalah masuk kembali dan cek apakah google play store masih terhenti atau tidak.

2. Membersihkan Cache Google Play Store

Cara kedua adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi google play store. Biasanya, google play store yang tiba-tiba berhenti juga bisa disebabkan karena menumpuknya file cache aplikasi. Hal ini karena, ketika digunakan maka akan meninggalkan berkas cache yang akan tersimpan pada memori.

Untuk membersihkannya klik pengaturan, lalu pilih aplikasi dan izin. Kemudian, pengguna bisa klik pengelolaan aplikasi dan pilih play store. Klik penyimpanan internal dan kemudian hapus cache. Biasanya beberapa pengaturan ponsel berbeda, jadi sesuaikan saja dengan ponsel masing-masing.

TRENDING:  Cara Mengganti Usia di YouTube di Komputer dan HP

3. Perbarui Aplikasi Google Play Store

Satu masalah ini juga bisa disebabkan karena google play store tidak pernah diperbaharui atau update. Jadi, cara mengatasinya adalah dengan memperbaharui aplikasi tersebut. Jika sudah biasakan untuk menyalakan update secara otomatis agar hal ini tidak terjadi lagi. Apabila masih belum bisa, cobalah copot pemasangan kemudian pasang kembali aplikasi ini.

4. Menghapus Akun Google

Cara mengatasi google play store terhenti yang keempat adalah dengan menghapus akun google saat itu. Hanya saja, sebelum menghapus pastikan data yang sudah ada disinkronisasikan terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan datanya. Tap pengaturan, lalu tap accounts, maka akan muncul akun yang ada. Klik google, kemudian pilih akun email yang hendak dihapus.

5. Reset Ponsel

Reset ini merupakan cara mengatasi google play store terhenti urutan terakhir. Apabila beberapa cara di atas masih belum bisa memulihkan aplikasi tersebut, maka jalan keluarnya adalah dengan mereset ponsel. Sebelum mereset, alangkah baiknya melakukan backup atau memindahkan data-data ponsel ke ponsel lain atau komputer lebih dulu. Hal ini karena, jika di reset semua data pada ponsel akan hilang.

Reset atau yang sering disebut dengan factory reset merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengatur ulang ponsel pada setelan pabrik. Jadi, kemungkinan semua data akan terhapus. Buka pengaturan atau ikon bergerigi yang ada di bagian atas sebelah kanan. Kemudian cari opsi general management. Lalu tap pilihan factory reset dan langsung saja tap opsi reset. Ponsel akan segera melakukan penghapusan data ponsel.

Itulah rangkaian cara mengatasi google play store terhenti pada ponsel. Alangkah baiknya cara pada poin dua sampai empat sering dilakukan meski tidak mengalami hal seperti ini. Ponsel juga akan lebih baik jika sering dibersihkan. Jika hal tersebut sudah terjadi lakukan salah satu cara di atas dan pilih mana yang sekiranya sesuai dengan keadaan saat itu.

TRENDING:  Inilah Cara Mengatasi Jaringan WiFI Yang Lemot di Hp

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.