cara mengatasi touchscreen error pada xiaomi

Cara Mengatasi Touchscreen Error pada Xiaomi tanpa ke Service Center

Masalah yang sering terjadi pada perangkat Android yaitu touchscreen yang tidak berfungsi. Beberapa cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi dapat dilakukan tanpa membawa HP tersebut ke service center. Gangguan pada touchscreen mengakibatkan HP tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Touchscreen error pada HP Xiaomi dapat disebabkan karena suhu HP terlalu tinggi. HP yang sering digunakan untuk bermain game akan mudah panas dan akhirnya error. Bug aplikasi juga menyebabkan layar HP mengalami gangguan. Dibawah ini adalah cara untuk memperbaiki touchscreen HP Xiaomi yang dapat dilakukan:

1. Bersihkan Layar

Penyebab touchscreen tidak berfungsi yang sering terjadi karena layar HP yang kotor. Cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi yang paling mudah dilakukan yaitu dengan cara membersihkan layar. Kotoran pada layar membuat sensitivitas touchscreen layar berkurang. Bersihkan layar dengan kain halus atau tissue agar layar bisa berfungsi sebagaimana biasanya.

2. Restart HP

Cara paling ampuh untuk memperbaiki layar sentuh yang error yaitu dengan memuat ulang HP Xiaomi yang dimiliki. Restart HP bisa memperbaiki kerusakan ringan seperti sistem ponsel yang mengalami bug. Tekan lama tombol power untuk restart secara instan jika tombol restart tidak bisa disentuh.

3. Cek Pelindung Layar

Tempered glass berfungsi sebagai pelindung layar HP. Rusaknya pelindung layar bisa menjadi penyebab touchscreen tidak berfungsi atau bergerak sendiri. Posisi tempered glass yang bergeser atau salah juga mengurangi sensitivitas layar. Cara mengatasinya tentu saja dengan melepas pelindung layar atau mengganti dengan yang baru.

4. Lakukan Kalibrasi Layar

Penyebab error-nya touchscreen salah satunya diakibatkan oleh rusaknya kalibrasi layar. Kerusakan tersebut diakibatkan karena pemakaian yang berlebihan pada HP yang mengakibatkan suhu HP meningkat. Kalibrasi layar akan membuat layar yang tidak berfungsi, bergeser sendiri atau meleset bisa kembali seperti semula.

TRENDING:  Cara Ganti Foto Playlist Spotify di HP Android Maupun IOS dengan Mudah

Proses kalibrasi layar dapat dilakukan secara manual atau memanfaatkan aplikasi. Cara manual kalibrasi pada HP Xiaomi yaitu dengan membuka setting kemudian pilih display. Pilih kalibrasi kemudian layar akan berubah menjadi putih yang menandakan kalibrasi sedang berjalan. Klik layar putih dan mulai ikuti perintah yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses kalibrasi.

Kalibrasi layar menggunakan aplikasi seperti aplikasi Touchscreen calibration juga bisa dilakukan. Kelebihan aplikasi ini bisa mengkalibrasikan layar secara otomatis. Kalibrasi yang sudah benar akan membuat touchscreen bisa berfungsi kembali.

5. Lepas Sim Card

Cara ini memang jarang digunakan tetapi cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan pada layar sentuh. Melepaskan Sim Card dari HP akan membuat perangkat tersebut melakukan refresh secara otomatis. Pemulihan perangkat termasuk LCD akan terjadi setelah HP di refresh.

6. Cek Kondisi Charger

Tidak berfungsinya layar juga bisa diakibatkan karena arus listrik yang tidak stabil terutama saat proses pengisian daya. Charger berperan penting dalam pengaturan arus listrik yang masuk dalam HP. Usahakan menggunakan charger yang original agar tidak mengganggu kondisi layar.

7. Reset Pabrik HP Xiaomi

Cara memperbaiki touchscreen yang bermasalah yaitu dengan mereset HP ke pengaturan pabrik atau factory reset. Mengembalikan perangkat ke pengaturan semula mampu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh sistem dan aplikasi pihak ketiga. Pastikan semua data dalam HP di backup terlebih dahulu, karena factory reset menyebabkan semua data di HP hilang.

Factory reset dapat dilakukan dengan cara menekan bersamaan tombol power dan volume selama beberapa detik. Pilih menu factory reset untuk mereset HP ke pengaturan pabrik. Tunggu beberapa saat sampai proses tersebut selesai dan HP hidup kembali.

TRENDING:  5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Samsung dan Hp Android Lainnya

Permasalahan touchscreen memang sangat mengganggu karena membuat layar HP tidak berfungsi. Cara diatas adalah cara mengatasi touchscreen error pada Xiaomi yang diakibatkan oleh kerusakan sistem. Pengguna perlu membawa HP Xiaomi ke service center jika sumber kerusakan berasal dari fisik layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.