31. Cara Cek Nomor BPOM Mudah dengan 3 Cara, Cegah Gunakan Produk Abal-Abal

Cara Cek Nomor BPOM Mudah dengan 3 Cara, Cegah Gunakan Produk Abal-Abal

Sebelum membeli suatu produk alangkah baiknya terlebih dahulu cara cek nomor BPOM untuk memastikan produk tersebut aman digunakan. Apapun jenis produknya baik makanan, obat-obatan, ataupun produk kosmetik hendaknya diketahui terlebih dahulu keamanannya. Mengingat maraknya produk abal-abal di masa sekarang ini yang bisa membawa dampak negatif bagi pengguna.

Untuk diketahui, BPOM memang dikhususkan sebagai lembaga yang memiliki wewenang untuk mengawasi peredaran produk yang ada di Indonesia. Mulai dari make up, skincare, makanan hingga obat-obatan.  Adapun berikut ini 3 cara mudah dan cepat yang bisa membantu memastikan apakah produk yang ingin dibeli sudah mendapatkan izin layak edar:

1. Begini Cara Cepat Cek Nomor BPOM Lewat Website

Dengan cara ini siapapun hanya memerlukan web browser dan layanan internet di handphone ataupun perangkat yang akan digunakan. Pastikan handphone atau perangkat terhubung dengan layanan internet agar pencarian berjalan lancar. Cara ini bisa sangat mudah dilakukan asalkan tahu mengenai produk yang ingin cari. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka web browser. Lalu ketik alamat website resmi BPOM yaitu cekbpom.pom.go.id .
  • Akan muncul tampilan halaman utama, yang menunjukan grafik jumlah produk yang terdaftar berdasarkan kategorinya.
  • Di sisi kiri halaman utama terdapat fitur cari produk, pilih kategori yang ingin dicari.
  • Jika ingin mencari nomor BPOM menggunakan suatu merek produk, pada bagian kata kunci ketik merk produk yang ingin dicari, lalu klik “Cari”.
  • Sistem akan langsung menampilkan informasi nomor registrasi, tanggal terbit, nama produk, dan nama pendaftarnya.

2. Cek Nomor BPOM Cepat dengan Menggunakan Aplikasi

Tidak perlu khawatir jika handphone atau perangkat tidak memiliki memori internal yang besar karena aplikasi ini tergolong kecil, sehingga tidak banyak memakan tempat penyimpanan. Informasi produk setelah melakukan pencarian melalui aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan pencarian melalui website, yakni:

  • Pertama, unduh aplikasi Cek BPOM di Play Store.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi Cek BPOM lalu akan muncul halaman utama.
  • Pada halaman utama, tekan “Semua Produk” kemudian pilih produk teregistrasi.
  • Selanjutnya pilih Nomor Registrasi, Nama Produk/Dagang, atau Nama Produsen/Importir.
  • Lalu masukkan data produk sesuai dengan yang dipilih sebelumnya. Jika memilih Nomor Registrasi maka ketik nomor registrasi yang berada di kemasan produk.
  • Klik “Cari Produk”.
  • Sistem aplikasi akan langsung menampilkan informasi mengenai produk yang dicari.
TRENDING:  Aplikasi Kamera Tembus Pandang Siap Download

3. Tidak Mau Ribet? Cek Nomor BPOM Menggunakan Scan Barcode dengan Cara Ini

Barcode adalah sebuah kode produk yang biasanya ada di kemasan suatu produk tersebut dan hanya bisa dibaca menggunakan alat teknologi. Kendati demikian, cara ini hampir sama dengan sebelumnya, bedanya aplikasi yang diperlukan di sini merupakan aplikasi BPOM Mobil. Begini caranya:

  • Unduh aplikasi BPOM Mobile di Play Store, lalu buka aplikasi.
  • Pada halaman utama tekan menu “Scan Produk”. Letak menunya berada di urutan pertama sehingga memudahkan bagi pengguna untuk langsung menggunakannya.
  • Kamera akan otomatis terbuka setelah menekan menu Scan Produk. Arahkan kamera pada barcode yang berada di kemasan. Pastikan kamera bersih agar barcode bisa terbaca oleh sistem.
  • Tunggu sebentar lalu hasil informasi akan keluar. Jika produk terdaftar maka akan muncul informasi nomor registrasi, nama produk, dan lain-lain. Sedangkan jika produk tidak terdaftar maka halaman akan kosong.

Itulah beberapa cara cek nomor BPOM yang tentunya begitu mudah untuk diakses tanpa berbatas waktu. Maka dengan demikian kini semua konsumen di Indonesia tidak punya alasan lagi untuk tidak lebih berhati-hati dalam memilih suatu produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.