Begini Cara Mengganti Akun Google Classroom dengan Mudah dan Cepat

Begini Cara Mengganti Akun Google Classroom dengan Mudah dan Cepat

Cara ganti akun di Google Classroom sangatlah mudah. Google Classroom adalah sarana atau media yang digunakan pada dunia pendidikan, khususnya di masa pandemi yang penggunaanya sangat massif. Bagi pelajar pasti sudah sangat familiar dengan ini. Dalam menunjang pembelajaran jarak jauh, seperti untuk mengumpulkan tugas, atau mendapatkan materi yang diberikan guru/dosen.

Pelajar yang memiliki banyak akun, pasti bingung untuk memilih dan mengganti akun yang akan digunakan pada Google Classroom. Apa lagi hanya menggunakan satu laptop, tetapi digunakan oleh banyak orang, atau satu HP di gunakan lebih dari 1 orang. Lalu bagaimana cara untuk ganti akun di Google Classroom? Ikuti cara berikut ini!

1. Masuk ke dalam Google Classroom

Pertama, masuk ke dalam Google Classroom melalui aplikasi atau website di google. Setelah masuk ke tampilan Google Classroom, maka klik ikon profil yang berupa foto profil atau inisial di kanan atas layar. Maka selanjutnya akan terlihat tampilan akun yang sudah tercantum di Google Classroom, lalu pilih kolom “Tambahkan akun lainnya”.

Jika tampilan Google Classroom di pojok kanan atas tidak ada ikon profil, maka solusinya adalah klik garis tiga di sisi kiri pojok atas. Klik akun yang sudah tercantum, setelah itu maka akan muncul kolom “Kelola akun di perangkat ini”. Klik, maka akan muncul tampilan akun yang sudah tercantum dan pilih kolom “Tambahkan akun lainnya”.

2. Masukkan Akun Baru

Selanjutnya, maka nanti akan muncul tampilan verifikasi identitas, dimana pengguna harus memasukkan kode sandi atau pola pada HP. Setelah memverifikasi, maka nanti akan muncul tampilan Login, pada tampilan ini, masukkan akun baru. Selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk mengklik “Berikutnya”. Setelah itu, masukkan password akun baru yang tadi sudah dimasukkan.

TRENDING:  Bingung Mencari Judul Lagu Ini 6 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu Terbaik

3. Masukkan Nomor HP Aktif

Setelah memasukkan email atau akun beserta password, maka nanti akan muncul tampilan dimana pengguna diharuskan memasukkan nomor HP yang aktif. Nah, pasca memasukkan nomor HP, maka tunggu kode verifikasi balasan melalui pesan SMS ke nomor tadi yang berupa nomor seri. Setelah mendapatkan kode verifikasi melalui pesan SMS, maka masukkan kode tersebut.

Selanjutnya, maka klik “Berikutnya” dan tunggu untuk Google Classroom memverifikasi akun baru tadi yang telah dimasukkan. Setelah selesai, maka nanti akan muncul tampilan persyaratan layanan google, kebijakan privasi google. Ini menunjukkan akun tadi sudah berhasil dimasukkan atau diverifikasi. Setelah membaca syarat dan ketentuan google sampai akhir, maka klik “Saya setuju”.

4. Keluar dari Google Classroom

Setelah melakukan cara ganti akun di google classroom, maka tutup Google Classroom terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk merefresh akun baru yang tadi sudah dimasukkan. Setelah itu masuk kembali ke dalam Google Classroom dengan aplikasi atau website, lalu klik ikon profil pojok kanan atas. Jika tampilan berbeda, maka klik tiga garis di pojok kiri atas.

5. Ganti ke dalam Akun Baru

Setelah masuk kembali ke Google Classroom, maka klik bagian ikon profil. Tampilan yang akan muncul nantinya adalah akun yang sudah tercantum sebelumnya pada Google Classroom. Setelah itu, maka klik email atau akun baru yang tadi sudah didaftarkan atau masukkan. Maka nanti otomatis tampilan Google Classroom akan beralih ke akun baru tersebut.

Pembahasan di atas tadi adalah cara ganti akun di Google Classroom yang bisa dilakukan. Lima cara yang dibahas tadi merupakan cara yang mudah dilakukan dan dipahami untuk mengganti akun Google Classroom. Ikuti cara-cara di atas dengan baik untuk mengganti akun Google Classroom.

TRENDING:  Aplikasi Edit Foto Jadi Lukisan Termudah 2022

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.