5 Efek Samping Upgrade RAM Laptop yang Wajib Diketahui

5 Efek Samping Upgrade RAM Laptop yang Wajib Diketahui

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan penggunaan laptop, banyak orang yang memutuskan untuk menambah RAM pada laptopnya dibanding membeli yang baru. Hal ini sudah menjadi trend yang umum di kalangan masyarakat. Namun ternyata, tidak banyak orang tahu bahwa terdapat efek samping upgrade RAM laptop yang merugikan dan seharusnya dihindari.

Adanya efek samping yang bisa didapat tentunya menjadi bahan pertimbangan penting sebelum menambah RAM pada laptop. Lalu apa sajakah efek samping dari upgrade RAM laptop yang wajib diketahui? Berikut informasi selengkapnya:

1. Dapat Merusak Hard disk

Hard disk memiliki peran penting dalam penyimpanan data yang ada pada laptop. Jika ini rusak, tentu saja akan sangat berbahaya dan merugikan. Sehingga sebisa mungkin kita harus menjaga hard disk pada laptop tidak terkena masalah apapun. Namun, ternyata menambah RAM pada laptop terindikasi dapat merusak hard disk.

Hal ini dikarenakan pengguna menambah sebanyak dua RAM atau lebih dengan merek yang berbeda. Sehingga komponen yang dimiliki juga akan berbeda dengan komponen asli yang ada pada perangkat laptop. Dengan begitu, besar kemungkinan hal tersebut dapat merusak hard disk yang menjadi nyawa penting bagi laptop.

2. Tidak Terdeteksi Oleh Processor

Sebelum menambah RAM pada laptop, lebih baik kenali dulu processor yang dimiliki. Hal ini dikarenakan beberapa processor yang ada pada laptop memiliki kemampuan kapasitas pembacaan RAM yang berbeda-beda. Jika pengguna menambahkan jumlah RAM yang melebihi kapasitas pembacaan processor, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen yang lain.

Jika komponen penting lainnya sudah terkena kerusakan, maka tentu saja menambahkan RAM bukan menjadi solusi yang terbaik untuk membantu meningkatkan pekerjaan kita melalui perangkat laptop.

3. Performa Menjadi Menurun

Efek samping upgrade RAM laptop selanjutnya adalah jika digunakan secara berlebihan, performa laptop akan menurun seperti barang elektronik lainnya. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang melebihi batas dan tidak sesuai dengan standar operasional yang ditentukan oleh produsen. Akan tetapi, dengan menambahkan RAM pada laptop tidak menjadikan performa laptop meningkat.

Hal itu tentu saja karena penambahan RAM tidak sesuai dengan standar kapasitas pada komponen lainnya sehingga bisa jadi tidak menaikkan malah akan menurunkan performa pada laptop.

4. Dapat Merusak RAM Asli

Selain dapat merusak harddisk, menambah RAM pada laptop juga dapat merusak RAM asli pada laptop. Hal ini dikarenakan laptop sudah diatur sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas perangkat itu sendiri. Apabila ditambahkan dengan RAM yang berbeda dengan perangkat aslinya, kemungkinan besar hal tersebut dapat merusak RAM asli yang ada pada laptop.

Dengan begitu, biaya yang ditanggung pun akan semakin tinggi. Karena tidak hanya rugi telah mengeluarkan biaya untuk menambah RAM, tapi kita juga rugi karena harus memperbaiki RAM asli laptop yang rusak.

5. Menyebabkan Terjadinya Error pada Perangkat

Efek samping upgrade RAM pada laptop selanjutnya adalah timbulnya error pada perangkat laptop. Error yang timbul diakibatkan karena adanya perubahan pada fungsi dari laptop. Biasanya error yang ditimbulkan muncul secara perlahan.

Nah, saat mulai dari error ketika laptop akan dinyalakan atau dimatikan hingga beberapa fitur yang tiba-tiba tidak dapat berfungsi. Error yang timbul ada yang bersifat sementara namun juga ada yang bersifat permanen tergantung dengan jenis dan respon dari perangkat laptop itu sendiri.

Dengan berbagai efek samping upgrade RAM laptop yang cukup merugikan dan harus diwaspadai di atas, keputusan untuk menambahkan RAM patut untuk dipertimbangkan. Jika mempunyai dana yang cukup, lebih baik untuk membeli laptop baru dengan spesifikasi sesuai dengan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.