Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus pada Android, iOS, dan Windows

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus pada Android, iOS, dan Windows

Saat membersihkan ruang penyimpanan di perangkat seperti smartphone, tablet, dan laptop, terkadang secara tidak sengaja aplikasi bawaan ikut terhapus. Walau beberapa memang tidak penting, namun ada aplikasi bawaan yang hilang akan sangat berpengaruh pada kinerja perangkat. Sebut saja Launcher, Contact, Calendar, Keyboard, dan Camera. Lalu bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus dari perangkat?

Ulasan ini akan menjelaskan cara mengembalikan sebuah aplikasi bawaan yang terhapus dari perangkat berdasarkan sistem operasinya. Untuk itu pengguna Android, iOS, dan Windows tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah tersebut. Langsung saja simak metode dan cara-caranya di bawah ini!

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus pada Android

Ada dua metode yang biasa digunakan untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus pada perangkat dengan sistem operasi Android, misalnya smartphone dan tablet Android. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya:

  • Metode pertama, yaitu dengan memanfaatkan Google Play Store. Buka Google Play Store, lalu klik ikon menu atau ikon pengguna yang berada pada bagian atas, di samping kolom pencarian. Kemudian buka menu “Apps & Devices”. Akan ada tiga tab yang bertuliskan “Updates”, “Installed”, dan “Library”. Buka tab “Library”, maka di situ akan ditampilkan aplikasi yang terhapus sebelumnya. Pasang kembali aplikasi yang dimaksud dengan menekan pilihan install.
  • Adapun metode kedua, yaitu dengan reset data pabrik. Buka menu “Settings” pada perangkat. Kemudian pilih “Reset Factory”, maka akan muncul keterangan sedang dilakukannya penghapusan. Setelah itu perangkat akan melakukan restart secara otomatis dan aplikasi-aplikasi bawaan terpasang kembali.

Cara di atas merupakan metode umum yang biasa digunakan pada Android. Namun ada juga metode lain yang dapat diterapkan pada perangkat Android yang menggunakan firmware khusus, misalnya MIUI pada smartphone Xiaomi.

TRENDING:  Berikut 3 Cara Ganti IP Komputer dan Pengertiannya!

Pada perangkat Xiaomi, pemasangan kembali aplikasi bawaan yang terhapus dapat dilakukan melalui situs apkmirror.com. Ketikkan “MIUI” pada kolom pencarian, maka akan muncul aplikasi bawaan yang bisa diunduh. Pilih saja aplikasi yang ingin dipasang kembali.

Begini Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Tidak Sengaja Terhapus di iOS

Untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus pada perangkat dengan sistem operasi iOS, misalnya iPhone dan iPad, caranya cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan, pengguna iOs tidak perlu membuang uang untuk memperbaikinya ke service center Apple. Lantas, bagaimana cara mengembalikannya? Berikut caranya:

  • Buka App Store.
  • Cari aplikasi yang terhapus melalui fitur “Search”.
  • Pasang kembali aplikasi.
  • Tekan ikon download yang berbentuk seperti awan.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pemulihan berhasil.
  • Aplikasi berhasil dipulihkan.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus pada Windows

Ada tiga metode yang dapat dicoba untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus pada perangkat dengan sistem operasi Windows, seperti notebook, laptop, dan PC Windows. Begini caranya di setiap metode:

  • Metode pertama, yaitu dengan bantuan fitur “Troubleshooting”. Buka tab “Troubleshooting” melalui kolom Search pada Windows. Kemudian pilih “Windows Store Apps” dan klik “Next” untuk menjalankan troubleshooter.
  • Kedua, yaitu dengan membersihkan dan mereset “Windows Store Cache”. Buka menu “Run” dengan menekan kombinasi keyboard Windows + R. Kemudian ketikkan “wsreset.exe” pada kolom yang tersedia dan tekan enter atau OK.
  • Metode ketiga, yaitu dengan mereset perangkat. Buka menu “Settings” > “Update & Security” > “Recovery”, kemudian tekan tombol “Get Started” yang terdapat pada bawah tulisan “reset this PC”. Jangan lupa klik “Keep my files” untuk memastikan file-file yang ada tidak terhapus.

Demikian cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus pada Android, iOS, dan Windows. Cara-cara di atas sudah terbukti berhasil dan dapat dicoba sendiri di rumah tanpa harus datang ke counter atau pusat reparasi.

TRENDING:  5 Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba tiba di Android Tanpa Root

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.