Berikut 3 Cara Ganti IP Komputer dan Pengertiannya!

Berikut 3 Cara Ganti IP Komputer dan Pengertiannya!

IP Address adalah satu hal yang sangat penting dalam komponen komputer, laptop maupun ponsel terutama dalam hal browsing atau pencarian di internet. Bagian ini memiliki fungsi agar jaringan dapat terhubung dengan internet. Lalu apakah yang dimaksud dengan IP komputer? Dan apakah ada cara ganti IP komputer, laptop maupun ponsel? Simak berikut penjelasannya:

Apa itu IP Address Komputer?

Nah, sebelum masuk ke cara mengganti IP komputer alangkah baiknya untuk mengetahui apa pengertian dari IP Address ini. Supaya nantinya para pengguna ponsel maupun laptop tidak salah kaprah dalam menggantinya. Contoh IP Address atau IP komputer adalah 195.158.4.7.

IP Address merupakan suatu angka yang pasti ada atau harus ada dalam setiap komputer, laptop maupun ponsel dimana fungsinya ini untuk menghubungkannya ke jaringan internet. Selain itu, alamat IP dalam setiap website pasti berbeda-beda walaupun kerap kali ada yang sama. IP komputer adalah suatu kumpulan bilangan angka banyak, terdiri dari angka 0 dan seterusnya.

Cara Mengganti IP Address Pada Komputer, PC Atau Laptop

Ada 3 cara ganti IP Komputer, Laptop atau PC yaitu melalui control panel, network and sharing center, dan IP terganti secara otomatis. Ketiga cara ini sangat mudah dan tidak tergolong rumit bagi pengguna komputer maupun laptop. Bahkan pengguna baru pun hanya dengan membaca tutorial dan langkah-langkahnya pasti bisa menggantinya.

1. Cara Mengganti Melalui Control panel

Cara pertama ini dinilai sangat sederhana dan mudah dilakukan sehingga banyak pengguna yang menggunakannya. Terutama bagi Laptop atau PC windows 7 dan 10. Pengguna dapat langsung membuka control panel. Berikut penjelasannya:

  • Buka menu control panel, kemudian akan muncul halaman baru. Lalu cari local area connection dilanjut dengan properties.
  • Pada bagian properties akan muncul beberapa pilihan, maka pengguna harus memilih Internet Protocol dengan Versi 4 (TCP/IPv4). Lalu klik properties
  • Setelah itu akan muncul mengenai profil atau IP computer yang digunakan sekarang, untuk mengubahnya pengguna harus klik use the following IP.
  • Pengguna dapat merubahnya sesuai dengan angka yang diinginkan. Angka yang dibuat harus urut, dari mulai puluhan hingga ke ratusan.
TRENDING:  5 Aplikasi Untuk Menghitung Jarak Lari Guna Mengukur Kecepatan Berlari

2. Cara Mengganti IP Melalui Network and Sharing Center

Cara selanjutnya ini juga mudah dipahami dan banyak pengguna yang menggunakannya terutama PC atau Laptop. Simak caranya berikut ini.

  • Bukalah network and sharing center, lalu klik ikon jaringan di bagian paling bawah. Kemudian pengguna memilih open atau buka network and sharing center.
  • Selanjutnya akan muncul change adapter settings.
  • Setelah itu penggunan disuruh memilih adapter apa yang ingin diganti. Kemudian klik
  • Berikutnya pengguna harus klik dobel atau dua kali pada menu internet protocol versi 4 (ToCP/Ipv4).
  • pada halaman berikutnya maka akan muncul use the following IP, klik satu kali dan pengguna bisa mengetikkan IP yang ingin diganti.3. IP terganti secara otomatis.

3. IP Komputer Terganti Secara Otomatis

Pada cara ini laptop atau komputer pengguna harus tersambung terlebih dahulu dengan WiFi. Setelah tersambung maka akan muncul perintah pengaturan otomatis. Namun pengguna harus terhubung dengan jaringan data yang mempunyai layanan DHCP, agar dapat mengklik pemberitahuan pengaturan otomatis berupa penggantian IP.

Layanan jaringan tersebut sering sekali muncul di perpustakaan kota, cafe, atau jaringan WiFi yang menggunakan Indihome. Setelah tersambung pengguna tidak usah mengganti IP Address, nantinya akan muncul notifikasi lalu klik notifikasi tersebut. IP komputer pun sudah otomatis terganti.

Nah, itulah pengertian IP Address dan 3 cara ganti IP komputer yang mudah dilakukan. Manfaat dalam mengubah IP Address ini membuat koneksi internet akan berjalan lebih cepat atau lancar dari sebelumnya. Selain itu IP ini berfungsi untuk mengetahui lokasi perangkat komputer. Fungsi yang lainnya yaitu adanya IP komputer, pengguna dapat melihat siapa saja yang membuka atau mengakses jaringan sosialnya.

TRENDING:  Aplikasi Slow Motion iPhone Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.