Roda Penggerak 4x4

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN MOBIL 4×4

Otoresing.com – Selain tangguh dari segi mesin,  mobil 4×4 atau bisa juga dipanggil dengan 4WD juga memiliki tampilan yang macho,  yang memang memiliki setting mesin garang. Maka tidak aneh jika kemudian banyak orang-orang yang mengedepankan fungsional mobil jenis ini pada medan off road.

Roda Penggerak 4x4

Tentu tampilan macho tersebut yang membuat semua pecintanya ingin membelinya. Pengembangan mobil 4×4 terbaik di Indonesia sebenarnya sudah sangat lama. Mobil jenis ini mulai dikembangkan pada tahun 1903, artinya eksistensi dari mobil 4×4 sudah lebih dari 1 abad lamanya. Mulanya Spyker sebuah developer dari Belanda mengembangkan mobil balap tangguh dengan jenis 4×4.

Dengan kesuksesannya, banyak pabrikan lain yang kemudian mengaplikasikan sistem penggerak 4×4 tersebut. Uniknya penemuan ini, bahkan diaplikasikan juga pada dunia militer. Karena fungsional dari 4×4 sendiri mampu menerjang medan off road dengan mudah. Banyak sekali sebenarnya sejarah keterlibatan mobil 4×4 dalam berbagai peristiwa penting di dunia.

Untuk memahami keunggulan yang dimiliki oleh sebuah mobil 4×4 terbaik di Indonesia. Pertama Anda harus mengerti dengan cara kerja dari teknologi ini. Jangan khawatir karena sebentar lagi Anda akan mengetahui secara keseluruhan detail dari teknologi penggerak 4WD tersebut. Jadi langsung saja simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Apa Itu Roda Penggerak 4×4?

Dikutip dari priceprice.com Inti dari penggerak 4×4 adalah terhubungnya transfer case pada bagian bawah mobil. Dimana posisinya berada di tengah keempat roda mobil sebagai pembagi tenaga untuk bagian depan maupun belakang. Karena menggerakkan teknologi 4×4 untuk sebuah mobil memakan energi yang cukup besar. Maka pihak developer menyediakan tuas ataupun alat untuk menyalakan dan mematikan teknologi tersebut.

Terlihat dari sisi ini bahwa teknologi penggerak 4×4 pada mobil adalah untuk memberikan dorongan yang lebih tinggi. Maka dari itu konsumsi energi yang diperlukan oleh penggerak jenis ini akan juga tinggi. Tapi disitulah keunggulan yang didapatkan ketika mobil telah menggunakan teknologi penggerak 4×4. Mobil sudah pasti bisa berkerja dengan sangat maksimal berkatnya.

TRENDING:  Mengenal Sepeda Motor Suzuki Dari Tahun Ketahun

Kekurangan dan Kelebihan Roda Penggerak 4×4

Tentu saja setiap teknologi maupun barang pasti memiliki keunggulan maupun kekurangan. Hal tersebut juga berlaku untuk teknologi roda penggerak 4×4 atau 4WD. Dengan mengetahui keunggulan maupun kekurangan dari teknologi ini. Anda bisa lebih jauh mengetahui produk ideal mana yang akan dipilih pada pasaran otomotif atau list di bawah nanti.

Keunggulan pertama yang didapatkan dari penggunaan roda penggerak 4×4 adalah handling semakin baik. Varian penggerak 4×4 mampu membuat mobil SUV bisa dikendarai dalam jalanan terjal, linci maupun berlumpur dalam keadaan yang tetap baik.

penggunaan roda penggerak 4×4 pada kebutuhan mobil berakselerasi tinggi namun tipikal jalannya sedikit berbeda. Keunggulan dari teknologi 4×4 ini sering digunakan pada beberapa produk mewah. Agar memberikan pengendara maupun penumpang perjalanan yang lebih smooth.

Terakhir adalah untuk kebutuhan balap atau rally. Dengan adanya teknologi 4×4 maka mobil bisa melaju dalam kecepatan tinggi. Tidak peduli dengan kondisi medan yang seperti apa. Sampel pengguna teknologi ini pada mobil rally adalah Audi Quattro serta Mitsubishi Lancer Evolution.

Kekurangan yang paling terlihat dari roda penggerak 4×4 adalah konsumsi energi tinggi. Bagaimanapun sebuah mobil bisa memproduksi energi adalah dengan memakai bahan bakar. Jadi pada intinya, dengan menggunakan penggerak 4×4 maka mobil akan sedikit lebih besar dalam hal konsumsi bahan bakar.

Untuk itu, mobil 4WD lebih bermanfaat saat digunakan di medan menantang. Ketika aktivitas sehari-hari melewati jalanan tersebut, tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Namun, saat mobil lebih sering dipakai di jalan yang mulus, 4WD tidak menghadirkan keunggulan khusus. Mobil 4WD malah cenderung lebih boros bahan bakar. Hal ini tidak lepas dari bobotnya yang lebih berat dibanding mobil 2WD akibat komponennya yang lebih banyak.

TRENDING:  Cara Merawat Radiator Agar Tetap Awet Dan tidak gampang rusak

Biaya perawatan mobil 4WD

Dari segi Biaya perawatan, mobil 4WD cenderung lebih tinggi. Sejumlah komponen seperti perangkat differential memerlukan oli untuk pelumas yang harus diganti secara berkala. Bukan hanya itu, harga mobil 4WD yang lebih mahal dibanding mobil 2WD bisa pula menjadi pertimbangan lain sebelum memilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.